Akan Ada Gerhana Matahari Di Indonesia

Akan Ada Gerhana Matahari Di Indonesia
 

Gerhana matahari pertama di tahun 2012 akan terjadi pada Senin (21/5/2012) pagi waktu Indonesia. Sayang hanya sebagian wilayah Indonesia saja yang bisa mengamatinya.

Fenomena gerhana matahari kali ini termasuk jenis gerhana matahari cincin. Karena posisinya saat ini, saat Bulan menutupi Matahari, tidak semua bagian tertutup sehingga masih ada bagian Matahari yang terlihat di sekelilingnya.

Namun, penampakan gerhana tergantung tempat pengamatannya. Beberapa wilayah akan bisa melihat gerhana matahari cincin, sementara wilayah lain hanya melihat gerhana matahari sebagian.

Berdasarkan informasi di situs NASA, wilayah yang bisa menyaksikan gerhana matahari cincin adalah Asia Timur, wilayah Samudra Pasifik bagian utara, dan bagian barat Amerika Serikat.

 

 

 

Gerhana matahari pertama tahun ini akan berlangsung Senin (21/5/2012) pagi waktu Indonesia.

Sejumlah wilayah di Asia Timur dan Pasifik mengalami gerhana matahari cincin, sementara Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua akan mengalami gerhana matahari sebagian.

Thomas Djamaluddin, peneliti dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), mengungkapkan, gerhana matahari besok akan seolah-olah berlangsung mundur.

Gerhana matahari terjadi saat Bulan berada di antara Bumi dan Matahari, menutupi sinar Matahari, menghasilkan bayangan. Karena Bulan akan terus bergerak, maka gerhana pun bergerak dan bisa dirasakan oleh warga Bumi di beberapa tempat.

"Gerhana pertama kali menyentuh Bumi di wilayah yang masuk pagi hari di wilayah Asia Timur," kata Thomas saat dihubungi Kompas.com, Minggu (20/5/2012).

Selanjutnya, bayangan Bulan akan bergerak melengkung ke utara melewati Jepang hingga akhirnya ke Pasifik yang akan mengalami gerhana pada tengah hari. Dari Pasifik, bayangan akan bergerak ke wilayah Amerika yang akan mengalami gerhana pada sore hari.

Gerhana dimulai di wilayah Cina yang menunjukkan pukul 22.06 UT atau 06.06 waktu China tanggal 21 Mei 2012. Sampai di Pasifik, waktu masih menunjukkan tanggal 21 Mei 2012. Sementara begitu memasuki Amerika, wilayah setempat menunjukkan tanggal 20 Mei 2012. Seolah-olah berlangsung mundur.

Apakah ini langka? Tidak.

"Sebenarnya gerhananya biasa. Hanya karena melewati garis tanggal, maka seolah-olah gerhana berlangsung mundur," kata Thomas.

Siapa pun yang berminat menikmati gerhana matahari perlu berhati-hati. Gerhana matahari tidak bisa diamati secara langsung. Diperlukan alat bantu berupa teleskop yang dilengkapi filter. Pengamatan secara langsung akan merusak mata, bahkan mengakibatkan kebutaan.

Saat gerhana matahari cincin terjadi, bagian tengah Matahari akan gelap, sementara bagian tepinya akan menyala. Cincin akan terlihat cukup tebal sebab piringan Bulan hanya akan menutupi 94 persen piringan Matahari.

Gerhana matahari cincin akan terjadi dalam durasi 5 menit 46 detik. Dari total luas wilayah Bumi, hanya 0,74 persen saja yang akan bisa menyaksikan gerhana matahari cincin ini.

Sementara itu, wilayah Indonesia hanya akan mengalami gerhana matahari sebagian. Itu pun tak semua, hanya beberapa wilayah di bagian utara Indonesia.

"Gerhana matahari sebagian hanya teramati di Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua saat matahari terbit Senin pagi, 21 Mei 2012," kata Thomas Djamaluddin dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional dalam tulisan di jejaring sosialnya.

"Di Kalimantan gerhana sedang berlangsung saat matahari terbit. Di Papua, seluruh proses gerhana teramati sesaat setelah matahari terbit," ujar Thomas.

Bagi masyarakat yang tinggal di kawasan timur Indonesia, gerhana bisa disaksikan sejak pukul 6.30 WIT.

Masyarakat yang akan menyaksikan gerhana matahari perlu berhati-hati. Tidak diperbolehkan mengamati secara langsung atau kalau akan melihat langsung harus dilengkapi dengan filter cahaya

 
 
1
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
references by kompas
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Minggu, 20 Mei 12 - 16:16 WIB
Dalam Kategori : GERHANA, GERHANA MATAHARI, AKAN ADA GERHANA MATAHARI DI INDONESIA
Dibaca sebanyak : 1828 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
POLLING
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank