Akankah Perusahaan Apple Senasib Dengan Research In Motion RIM ?

Akankah Perusahaan Apple Senasib Dengan Research In Motion RIM ?
Tahun 2012 kemarin adalah tahun suram bagi Research In Motion (RIM), pada akhir tahunnya, hal tersebut menimpa Apple di akhir tahunnya.

Menurut L.A Times (15/01), saham Apple terus turun sekitar 28,5% dalam 3 bulan terakhir ini. Bahkan senin kemarin (14/01), saham Apple kembali jatuh (3,57%). 

Menurut beberapa analis, ada banyak faktor yang menyebabkan sentimen pasar dan mengakibatkan turunnya saham Apple akhir-akhir ini. 2 contoh faktor tersebut adalah lesunya penjualan iPhone 5 dan kabar mengenai rencana Apple memangkas pesanan layar untuk iPhone 5.
 
 
Salah seorang analis teknologi dalam blognya, Blogs.Barrons.com, menuliskan bahwa ada beberapa alasan yang masuk akal yang menjadi landasan anjloknya saham Apple serta tidak begitu lakunya iPhone 5 di pasaran.

Dalam menciptakan iPhone 5, ada anggapan bahwa Apple terkesan tidak serius dalam pengembangan produk handsetnya tersebut dan hanya menambahkan sisi ukurannya saja namun tidak disertai dengan perubahan serta penambahan fitur, desain dan aplikasi menarik lainnya. 

Faktor kedua karena Apple terlambat masuk dalam tren perangkat dengan layar lebar. Hal tersebut telah didahului oleh beberapa vendor lain terutama Samsung sebagai rival terberatnya. 

Saat ini, tren pasar sudah sedikit bergeser dari perangkat dengan layar sedang ke layar besar seperti yang biasa digunakan kebanyakan phablet. Bahkan tidak hanyavendor-vendor besar saja, beberapa perusahaan yang tidak diperhitungkan dari China-pun sudah mulai menggeber beberapa produk barunya dengan layar lebar.

Memang, pada awal perilisannya, banyak orang sampai rela mengantre untuk mendapatkan perangkat mobile tersebut. Namun, seiring dengan waktu, penjualan iPhone 5 semakin lesu, berbeda ketika Apple meluncurkan iPhone 4S beberapa waktu lalu.

Hal tersebut hampir mirip dengan apa yang dialami RIM. Perusahaan asal Kanada ini juga mengalami kelesuan penjualan, market share terjun bebas, sampai dengan 'ditolaknya' produk mereka di beberapa negara.

Penyebab dari kemerosotan RIM salah satunya karena minimnya inovasi terhadap produk-produk mereka. So, apakah nantinya apabila Apple tetap mempertahankan inovasi mereka seperti saat ini ada kemungkinan akan menjadi RIM kedua? Bagaimana menurut Anda?
 
 
Akankah Apple jadi RIM kedua?
 
 
 
 
 
references by http://adf.ly/HV4e6
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 18 Januari 13 - 15:27 WIB
Dalam Kategori : APPLE, RIM, INFO TEKNOLOGI, AKANKAN PERUSAHAAN APPLE SENASIB DENGAN RESEARCH IN MOTION RIM ?
Dibaca sebanyak : 1752 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank