Aktivis Internet Pencipta Layanan RSS Aaron Swartz Mati Bunuh Diri

Aktivis Internet Pencipta Layanan RSS Aaron Swartz Mati Bunuh Diri

Kabar duka datang dari dunia teknologi informasi. Salah seorang aktivis internet, Aaron Swartz, tewas setelah gantung diri di apartemennya pada Jumat, 11 Januari 2013 waktu setempat. 

Menurut New York City Office of Chief Medical Examiner, pria berusia 26 tahun ini ditemukan tak bernyawa di apartemennya di Brooklyn. Selain memainkan peran penting dalam menghentikan tagihan pembajakan online di Kongres, Swartz juga dikenal turut serta membantu pembuatan RSS 1.0.

Ia mengerjakan versi awal sistem umpan web itu saat usianya masih 14 tahun. Kepergian Swartz ini tak pelak meninggalkan duka mendalam bagi orang-orang terdekat. 

"Aaron memiliki kombinasi tentang wawasan politik, keterampilan teknis serta intelijen orang-orang dan isu-isu yang tak terkalahkan," ujar salah seorang teman Swartz, Cory Doctorow lewat blog Boing Boing seperti dilansir kantor berita Reuters.

Doctorow menuturkan, Swartz memang memiliki masalah depresi selama bertahun-tahun. Lewat sebuah akun, Swartz pernah mengatakan bahwa hidupnya menjadi sengsara setelah situs berbagi berita Reddit diakuisisi oleh Conde Nast. Seperti diketahui Swartz memiliki peran dalam membangun situs Reddit.

"Saya mengambil libur Natal panjang," ujarnya. "Saya sakit dan berpikir untuk bunuh diri. Saya melarikan diri dari polisi. Dan ketika saya kembali pada Senin pagi, saya diminta untuk berhenti."

Pada 2011, Swartz didakwa atas penipuan komputer dan tindakan lainnya terkait pengunduhan artikel jurnal akademis di Massachusetts Institute of Technology secara ilegal. Ia mengaku tak bersalah dan rencananya sidang akan dimulai pada April mendatang. 

Sementara itu ucapan belasungkawa datang dari penemu World Wide Web, Tim Berners-Lee. Lewat akun Twitter, Lee menyebut Swartz sebagai pemimpin yang bijaksana.

"Kita telah kehilangan seorang anak. Mari kita menangis," ujar Lee.

 

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

references by viva news

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Minggu, 13 Januari 13 - 09:30 WIB
Dalam Kategori : REDDIT, AARON SWATZ, RSS, AKTIVIS INTERNET AARON SWARTZ MATI BUNUH DIRI
Dibaca sebanyak : 1768 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank