Apa Bahaya Terlalu Sering Menggunakan Komputer dan Laptop ?

Apa Bahaya Terlalu Sering Menggunakan Komputer dan Laptop ?

Sebagian orang bekerja selalu berhadapan dengan komputer atau laptop. Tahukah Anda, sering menggunakan komputer dapat menimbulkan computer vision syndrome (CVS). Apa CVS itu?

http://cdn.abclocal.go.com/images/kabc/cms_exf_2007/_video_wn_images/7464472_600x338.jpg

 


ADANYA keluhan mata dan penglihatan akibat bekerja menggunakan komputer dan pemakaian alat elektronik layar kaca dalam jangka waktu lama merupakan gejala CVS. “Jika seseorang bekerja hampir setiap hari berhadapan dengan komputer, dipastikan akan mengalami jenis syndrome ini,” ujar dr AK Ansyori SpM (K) MKes.

Dia menerangkan, mata yang sering lelah saat menggunakan komputer akan timbul gejala-gejala terkena CVS, yaitu iritasi seperti mata merah, berair atau terasa kering, kelelahan pada mata seperti mata letih, kelopak mata atau dahi terasa berat. “Susah atau sulit fokus dan sakit kepala,” terangnya.

Lanjut pria yang bertugas di Rumah Sakit Sriwijaya Eye Centre ini, seseorang yang mengalami computer vision syndrome (CVS) disebabkan oleh frekuensi berkedip yang menurun akibat menggunakan komputer dalam waktu lama dan posisi komputer serta pengaturan cahaya yang salah.

“Karena jarak pendek antara mata dan layar, mata harus mengerahkan usaha ekstra untuk fokus pada objek di layar. Maka dari itu, mengalami kelelahan dan ketegangan pada mata,” katanya.

Pria kelahiran 27 Januari 1964 ini juga memberikan cara bagaimana mengatasi keluhan mata CVS, yakni selama menggunakan komputer, istirahatlah selama sepuluh menit setiap jamnya, alihkan pandangan dari monitor setiap 15 menit dengan melihat objek yang jauh berkisar 10 detik, atau lakukan variasi kegiatan untuk menghindari melihat layar komputer terus-menerus. “Seperti sesekali berdiri, menelepon atau bicara dengan rekan,” jelasnya.

Tambahnya, atur pencahayaan ruangan, jangan terlalu terang dengan memasang tirai pada jendela, menggunakan lampu pijar yang tidak terlalu terang atau memakai lampu meja, hindari pantulan sinar pada layar komputer.

Dan, bila perlu, pasang filter layar komputer, mata dianjurkan sering berkedip selama menggunakan komputer. “Lihatlah lingkungan dengan pandangan jauh ke depan agar mata tidak akomodasi,” pungkasnya.
 
http://www.insightseyecare.net/EyeEducation/ComputerVisionSyndrome1.jpg
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
references by sumatera ekspress
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 05 Mei 14 - 06:54 WIB
Dalam Kategori : KESEHATAN, KOMPUTER, COMPUTER VISION SYNDROME, LAPTOP, MATA, BAHAYA KOMPUTER, BAHAYA LAPTOP
Dibaca sebanyak : 1679 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank