Aplikasi & Tools Untuk Mengetahui dan Menguji Tampilan Situs Website Di Mobile Web

Aplikasi & Tools Untuk Mengetahui dan Menguji Tampilan Situs Website Di Mobile Web
Dengan terus meningkatnya penjualan smartphone dan pasar tablet yang terus berkembang, ditambah juga dengan akses yang jauh lebih tinggi untuk jaringan data mobile. Maka banyak para programmer komputer mengembangkan dan juga membuat website atau blog.

Sebagian besar ponsel yang digunakan adalah untuk menelusuri web (web browsing), artinya sekarang berarti Anda sebagai programmers benar-benar harus mempertimbangkan untuk membuat situs web yang kompatibel dengan mobile device/ smartphones tersebut.

Tapi bagaimana cara untuk mengetahui sebuah web/ situs kompatibel dengan smarthones?Apakah kita hatus membeli semua smartphones tersebut ?
 
Pengujian situs pada perangkat mobile dapat memakan waktu dan juga mahal karena jumlah besar perangkat mobile yang berbeda.

Jangan takut, karena ada beberapa alat-alat (tools) praktis untuk memastikan bahwa tampilan website Anda sesuai dengan yang ada di di Web Mobile.
 
 
 
 

1. iPhoney

iPhoney

Tester iPhone yang sangat baik dan bebas, iPhoney tidak persis sama sepert sebuah emulator, tetapi memungkinkan para pengembang untuk membuat website 320x480px untuk digunakan pada iPhone.

Hal ini memungkinkan Anda untuk menguji gambar dan kode dalam lingkungan pixel-sempurna Apple Safari bertenaga, dengan semua fitur biasa termasuk mode Portrait dan Landscape, fullscreen, zoom dan plugin.

 

2. W3C mobileOK Checker

W3C mobileOK Checker

checker ini adalah validasi berbasis web , alat otomatis yang akan memeriksa untuk melihat bagaimana peralatan-mobile- anda apakah kompatibel dengan website Anda.

Tes diperiksa terhadap spesifikasi mobileOK, W3C Tes, yang dikembangkan oleh W3C.

.

3. iPad Peek

iPad Peek

Alat berbasis web ini berguna dan memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana situs Anda terlihat ketika ditampilkan pada iPad. Ini direkomendasikan untuk Anda yang  menggunakan browser berbasis WebKit seperti Apple Safari atau Google Chrome.

untuk memiliki simulasi yang seakurat mungkin - atau paling tidak, browser CSS3 berkemampuan yang mendukung sifat transformasi (seperti Opera) karena menggunakan mereka untuk membuat halaman dalam mode Portrait.

 

4. Modify Headers Add-on for Firefox

Modify Headers Add-on for Firefox


Untuk meniru browsing pada perangkat mobile, Anda perlu menemukan User Agent Profile (UAProf) nilai dari perangkat mobile Anda, yang dapat ditemukan dengan pencarian cepat di Google untuk "user agent" diikuti dengan model telepon Anda (misalnya melihat Google hasil untuk "ipad user agent"). Atau, periksa daftar nilai UAProf.

Setelah Anda telah menemukan nilai UA Profil untuk ponsel yang Anda inginkan, masukkan ke dalam kotak dialog Modify header, dan bingo, Anda akan melihat bagaimana rasanya melihat isi dari perangkat tersebut.

Untuk Google Chrome, Anda dapat mencoba ekstensi User-Agent Switcher.

Untuk aplikasi desktop browser-independen yang bekerja pada hampir semua aplikasi internet-enabled, mencoba Fiddler Debugger Web yang memungkinkan Anda memodifikasi permintaan HTTP, antara lain.
 

 

5. Adobe Device Central

Adobe Device Central CS5

Sebagai bagian dari Adobe Creative Suite terbaru, Device Central mengemulasi operasi perangkat mobile pada desktop Anda sehingga Anda dapat menguji HTML dan Flash demi kenyamanan desktop Anda.

Untuk membuka halaman atau situs, pilih Profil Perangkat> Perangkat People,kemudian klik kanan dan pilih Add To Test Devices. Sekarang bahwa Anda telah menambahkan perangkat, cukup buka File> Open (untuk pengujian lokal) atau File> Open URL (untuk pengujian remote).

Meskipun jauh dari bebas, jika Anda seorang desainer profesional atau pengembang, Anda akan memiliki kesempatan tinggi untuk dapat mengaksesrangkaian kreatif Adobe aplikasi.

 

6. Google Mobilizer

Google Mobilizer

Google Mobilizer adalah alat web sederhana yang memungkinkan Anda memasukkan alamat halaman web dan kemudian membuat halamanmobile-ramah web dengan memotong konten cukup ke penting telanjang nya. Ini adalah alat yang sangat baik untuk melihat di mana Anda dapat membuatoptimasi kinerja di situs Anda.

 

7. Gomez

Gomez

Sayangnya, untuk dapat menguji situs milik Anda, Anda harus memasukkan dalam sekelompok informasi termasuk alamat email Anda, negara, kode pos, dan nomor telepon.

 

8. MobiReady

MobiReady

Dalam nada yang sama dengan Gomez, MobiReady adalah situs lain tes online yang memungkinkan Anda untuk memasukkan URL sehingga dapat melakukan serangkaian evaluasi, termasuk Test Page, Uji Markup dan Uji Situs dari halaman web. Ini adalah versi sedikit lebih rinci daripada Gomez di atas dan memberikan halaman hasil uji yang sangat komprehensif termasuk kepatuhan dotMobi, mobileOk W3C tes, perangkat emulator, laporan kesalahan rinci, tes HTTP dan pemeriksaan kode.

9. DotMobi Emulator

DotMobi Emulator

 

Emulator dotMobi memberikan live preview dari situs Anda dari berbagai ponsel yang berbeda. Alat pengujian mobile bagus jika Anda perlu menguji halaman Anda pada perangkat mobile yang lebih lama. tools ini memerlukan plugin Java untuk browser yang bekerja.
 
 
 

 

 

10. Opera Mini Simulator

Opera Mini Simulator

 

 

Dengan lebih dari 120 juta smartphone terjual yang memiliki pra-instal Opera dan edisi tersedia untuk hampir semua OS, pastikan bahwa situs Anda bekerja pada Opera Mini (versi mobile dari web browser Opera) adalah hal yang baik untuk disertakan dalam pengujian alur kerja anda.

Opera mengharuskan kita dengan menawarkan emulator berbasis web gratis untuk menguji dan mengevaluasi desain web Anda pada perangkat mobile yang menggunakan Opera Mini.

Alat ini memerlukan browser plugin Java untuk dapat berfungsi.
 
 
 

 

1

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 08 Mei 12 - 07:34 WIB
Dalam Kategori : WEB, MOBILE WEB, MOBILE DEVICE EMULATOR, APLIKASI TOOLS UNTUK MENGETAHUI DAN MENGUJI TAMPILAN SITUS WEBSITE DI MOBILE WEB, AGUNKZSCREAMO
Dibaca sebanyak : 4221 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank