Bahaya Tidur Dengan Kondisi Lampu Menyala Bagi Wanita

Bahaya Tidur Dengan Kondisi Lampu Menyala Bagi Wanita
Tak banyak yang tahu bahwa kebiasaan menggunakan ponsel sebelum tidur sebenarnya dapat menurunkan kualitas tidur seseorang. Sebab hormon yang dihasilkan tubuh saat tertidur terganggu oleh cahaya yang dipancarkan layar ponsel.
 
http://i.kinja-img.com/gawker-media/image/upload/s--i86juh69--/c_fit,fl_progressive,q_80,w_636/19bx4twnvmagejpg.jpg


Masalahnya, karena satu gangguan pada hormon tidur ini saja, pengaturan hormon lain pun ikut berantakan dan menyebabkan beragam penyakit

1. Obesitas

Penelitian dari University of Oxford, Inggris menemukan bahwa wanita yang tidur di dalam kamar yang terang lebih cenderung memiliki BMI lebih tinggi dan lingkar pinggang lebih besar ketimbang wanita yang tidur di kamar gelap.

Jika tidak, gunakan penutup mata untuk tidur dan jangan nyalakan lampu kamar bila Anda terbangun di malam hari.

2. Depresi

Studi lain yang dipublikasikan dalam Journal of Affective Disorders mengungkapkan orang yang depresi lebih banyak terpapar cahaya di malam hari daripada yang tidak depresi.

Untuk mengimbanginya, berjemurlah selama beberapa menit di pagi hari. "Paparan sinar matahari di siang hari dapat meningkatkan pelepasan hormon melatonin di malam hari," terang Kenji Obayashi, MD, PhD, dari Nara Medical University School of Medicine, Jepang.

3. Kanker payudara

Di bulan April 2013, International Journal of Health Geographics merilis sebuah penelitian yang menemukan bahwa wanita yang tinggal di perkotaan, atau kawasan di mana banyak ditemukan pusat perbelanjaan, perumahan dan lampu jalanan, lebih berisiko mengidap kanker payudara.

Bila terpaksa tinggal di kota, pasang tirai berwarna gelap untuk jendela di kamar tidur.

4. Diabetes tipe 2

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan bulan April 2014 dikatakan bahwa pengidap diabetes lebih banyak terpapar cahaya minimal empat jam sebelum tidur. Padahal melatonin yang terganggu karena hal ini akan menghambat produksi hormon yang mengatur selera makan dan glukosa dalam tubuh.

"(Untuk mengurangi risikonya) gunakan bola lampu yang watt-nya rendah dan minimalisir penggunaan TV, ponsel dan komputer di malam hari," saran Bauer.

5. Insomnia

Belum kapok juga? Studi lain mengatakan mereka yang terbiasa bermain ponsel atau tablet di malam hari cenderung memiliki kualitas tidur yang buruk, sekaligus kurang tidur.

"Kalaupun sering bangun malam, misal untuk buang air, gantilah lampu yang biasa Anda pakai dengan bola lampu berwarna merah redup. Setidaknya lampu warna ini dapat menekan produksi melatonin tapi tidak merusak pola tidur Anda," terang Bauer.

6. Tekanan darah tinggi

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam jurnal Chronobiology International, Juli 2014, mengatakan bahwa orang yang banyak terpapar cahaya di malam hari memiliki tekanan darah yang lebih tinggi daripada yang tidur di kamar yang gelap.

Untuk itu, matikan seluruh peralatan elektronik, termasuk jangan mengisi ulang peralatan elektronik di kamar tidur karena charger-nya pun kadang mengeluarkan cahaya juga.

Para peneliti pun sepakat tidur yang paling aman adalah tidur di dalam kamar yang benar-benar gelap.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
references by detik
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 29 September 14 - 05:13 WIB
Dalam Kategori : EFEK NEGATIF TIDUR LAMPU NYALA, TIPS WANITA, LAMPU MENYALA SAAT TIDUR
Dibaca sebanyak : 1721 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank