Bersiap !! e-KTP Mulai Hadir di Bandung

Bersiap !! e-KTP Mulai Hadir di Bandung

Kota Bandung akhirnya mendapat giliran untuk menyediakan e-KTP bagi warganya. Diperkirakan terdapat 1,9 juta wajib KTP yang bakal mengurus kartu tanda penduduk nasional.

Hal tersebut diutarakan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung, Meivy Adha Krisnan, di Kantor Kecamatan Coblong, Senin (16/4/2012). Kota Bandung termasuk dalam tahap II program e-KTP bersama 300 kabupaten dan kota di Indonesia atau 15 daerah lainnya di Jawa Barat. Tenggat perampungan program e-KTP adalah Oktober 2012 mendatang.

"Tahap sebelumnya dilakukan untuk 197 daerah di Indonesia dan tenggatnya April 2012," kata Meivy.

Dia mengungkapkan, jumlah wajib KTP paling besar terdapat di Kecamatan Coblong dengan jumlah 102.360 jiwa sementara paling rendah di Kecamatan Cinambo dengan 17.987 jiwa.

Wali Kota Bandung, Dada Rosada, mengharapkan agar program ini bisa memperbaiki administrasi publik.

 

Peserta Sosialisasi e-KTP Jadi Model Videoklip

 

Setidaknya 100 peserta peluncuran e-KTP di Kota Bandung didaulat menjadi model videoklip mengenai e-KTP. Mereka hanya diminta untuk mengangkat tinggi kartu pengenal mereka sambil bernyanyi.

 

Kota Bandung launching penerapan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), Senin (16/4/2012). Program e-KTP yang bakal dilakukan 30 kecamatan di Bandung ini diresmikan Walikota Bandung Dada Rosada di kantor Kecamatan Coblong, Jalan Sangkuriang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung Meivy Adha Krisnan mengatakan Kota Bandung masuk dalam penerapan e-KTP tahap II secara nasional bersama 300 kota kabupaten lainnya di Indonesia.

Pada tahap I, di Jabar ada 11 kota serta kabupaten yang sudah melaksanakan dan harus selesai pada April ini. Secara nasional, pada tahap I ada 197 kabupaten serta kota yang melaksanakan e-KTP ini.

"Bandung tidak masuk dalam tahap I, melainkan masuk tahap II dimana ada 15 kabupaten kota di Jabar dan termasuk 300 kabupaten se-Indonesia lainnya," ujar Meivy saat memberikan laporannya dalam acara Syukuran Penerapan e-KTP di Kota Bandung.

e-KTP adalah KTP yang dilengkapi dengan biometrik dan chip, berbasis Nomor Induk Kependudukan Nasional. Chip dalam KTP memuat sejumlah data penting diantaranya biodata, foto, sidik jari, retina mata dan tanda tangan digital.

"Selain untuk tertib administrasi, penerapan e-KTP juga menjadi tanda identitas diri yang berlaku secara nasional serta mencegah tindak pidana pemalsuan," katanya.

Selain sebagai alat identifikasi diri yang bisa ditunjukkan dengan cepat, biometrik juga berguna sebagai autentifikasi diri, mencegah pemalsuan, mencegah dokumen ganda, serta mempunyai sistem pengamanan data yang independen.

Sementara chip yang ditanam dalam e-KTP berfungsi untuk penyimpan data penduduk yang bisa dibaca secara elektronik dengan alat tertentu (card reader) dimana saja. Selain dilengkapi dengan alat pengamanan data, chip juga berfungsi untuk berbagai kebutuhan seperti ID Card, ATM dan access card dan relatif mudah diintegrasikan dengan sistem lain.

NIK dalam e-KTP berlaku seumur hidup, terdiri dari 16 digit yang memuat kode wilayah (provinsi, kabupaten kota dan kecamatan), tanggal lahir dan nomor urut.

 

Kesadaran Masyarakat untuk e-KTP Cukup Tinggi

 

SOREANG, (PRLM).- Kesadaran masyarakat Kab. Bandung untuk mendatangi tempat perekaman data e-KTP cukup tinggi. Warga rela meninggalkan pekerjaan dan kesibukannya agar mendapatkan e-KTP.

Seperti diakui Ny. Idah (70), yang datang ke kantor Kec.Banjaran untuk memenuhi undangan perekaman data e-KTP. "Ibu mah teu bisa nawis. Kumaha atuh? (Ibu tidak bisa menandatangani. Bagaimana?)," katanya, Selasa (17/4).

Menurut Camat Banjaran, Encep Syarief, dari 97.000 warga yang wajib direkam data-datanya untuk e-KTP sudah ada sekitar 3.000 orang yang sudah datang ke kecamatan. "Setiap hari kemampuan dua alat perekaman data hanya 200 orang dari pukul 8.00-18.00 WIB," katanya
 
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 16 April 12 - 15:54 WIB
Dalam Kategori : E-KTP, KTP DIGITAL, E KTP BANDUNG, BERSIAP !! E-KTP MULAI HADIR DI BANDUNG
Dibaca sebanyak : 2154 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank