Cara Melindungi Komputer/Laptop Dari Virus Yang Mengunci Komputer dan Mencuri Rekening Bank

Cara Melindungi Komputer/Laptop Dari Virus Yang Mengunci Komputer dan Mencuri Rekening Bank

Pihak penegak hukum dari berbagai belahan dunia telah mengumumkan bahwa mereka telah berhasil meredam infrastruktur Gameover Zeus botnet serta mengendalikan server Cryptolocker.1

 

 

Kendati begitu pengguna komputer hanya memiliki waktu dua pekan untuk memperbaiki "pertahanan" agar kedua virus/malware ganas itu tak dapat menyerang. Agar Anda bisa terlindungi dari malware yang mampu menyandera komputer sekaligus menguras isi rekening bank tersebut, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Lakukan pembaharuan/Update Windows secara berkala
Jika Anda bukan pengguna Microsoft Windows, Anda bisa berhenti membaca artikel ini. Hal tersebut terjadi karena dua malware/virus itu hanya menyerang komputer berbasis Windows sehingga pengguna sistem operasi lain tak perlu khawatir akan serangan Gameover Zeus serta Cryptolocker., tapi tidak menutup kemungkinan virus ini bisa menginfeksi melalui situs web atau perangkat/media lainnya.

2. Lakukan perawatan keamanan yang tepat
Situs GetSafeOnline.org telah mempublikasi daftar unduhan agar Anda bisa menghalau serangan Gameover Zeus serta Cryptolocker.

3. Gunakan aplikasi password manager
Pencuri data bakal lebih mudah melakukan aksi saat memiliki akses terhadap data pribadi Anda. Memakai kata sandi yang panjang serta kompleks serta password yang berbeda pada setiap situs akan memastikan keamanan Anda di internet.

Tapi jika Anda tak bisa melakukannya secara manual, Anda bisa menggunakan aplikasi password manager. Anda bisa memakai Last PassDash Lane , Kaspersky Password Manager  atau Kee Pass.

4. Jangan buka tautan yang mencurigakan
Saat Anda melihat tautan yang mencurigakan, jangan sekali-kali membukanya! Jika Anda tak tahu darimana asalnya email yang datang, jangan buka email tersebut. Jika ada email aneh dari teman, jangan sekali-kali pula membukanya.

Apabila pesan dalam email bersifat generik dan mungkin dikirimkan oleh siapapun, jangan buka email itu.

Jangan mengandalkan untuk melihat tautan dengan mengambangkan kursor diatasnya, peretas bisa mengelabui Anda dengan memberikan tautan yang aman untuk menginfeksi komputer dengan malware.

Agar Anda aman dari serangan Gameover Zeus serta Cryptolocker pastikan antivirus selalu diperbaharui, gunakan firewall serta sistem operasi yang update dengan patch terbaru.

Tips tersebut diatas sebenarnya tak hanya bisa mengamankan Anda dari serangan Gameove Zeus serta Cryptolocker tapi juga memastikan bahwa Anda tetap aman saat berselancar di internet.

1

 

 

 

 

 

references by beritasatu

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 06 Juni 14 - 07:00 WIB
Dalam Kategori : VIRUS, KOMPUTER, TIPS KOMPUTER, VIRUS KOMPUTER, VIRUS CRYPTOLOCKER, VIRUS GOZEOUSBERBAHAYA
Dibaca sebanyak : 1697 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank