Dampak Negatif Membentak Anak Bagi Kesehatan

Dampak Negatif Membentak Anak Bagi Kesehatan

Jangan biasakan membentak anak saat mereka berbuat kesalahan. Cara mendidik ini justru membahayakan jantung anak. Setiap ucapan keras dan meninggi memiliki pengaruh tersendiri bagi psikologis anak, termasuk kesehatan jantungnya.

http://confams.connectedfamilie.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2012/03/mom-telling-off-delinquent-daughter-angry-mom-and-daughter-iStock_000012576252XSmall.jpg

 

Jantung akan merespons setiap suara yang didengar oleh pemiliknya. Denyut jantung memberikan reaksi berbeda-beda dari berbagai jenis suara.

Dokter Godeliva Maria Silvia Merry, M.Si, dokter dan pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Yogyakarta, mencontohkan, ketika seseorang mendengarkan berbagai genre musik maka irama jantung menyesuaikan.

Musik yang bergenre disko menimbulkan reaksi denyut jantung yang cepat. Sementara musik pop membuat denyut jantung dalam tempo sedang. Lain lagi dengan musik lambat seperti musik meditasi, dapat membuat denyut jantung lebih lambat dan membat pikiran tenang.

“Itulah mengapa ibu-ibu atau orangtua yang suaranya selalu tinggi, mungkin denyut jantung anaknya menjadi lebih cepat, deg-degan,” katadr Silvia.

Dokter Silvia mengingatkan, anak-anak yang terbiasa diasuh dengan bentakan, kasar, atau bernada tinggi maka memiliki detak jantung yang terbiasa cenderung cepat. Jika ini berlanjut menyebabkan jantung kelelahan (exhausted). Efek ini juga dirasakan pada mereka yang kerap mendengarkan musik keras atau yang berirama cepat.

Hal ini seiring dengan studi yang dimuat dalam jurnal Environmental Health Perspectives. Dalam studi tersebut dipaparkan, denyut jantung seseorang cenderung cepat saat berada di tempat yang bising atau nyaring. Efek akan terjadi meski kekuatan suara di bawah 65 desibel atau setara percakapan beberapa orang atau sedang tertawa.

 

 

 

 

 

 

 

references by sidomi

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 15 September 14 - 07:18 WIB
Dalam Kategori : TIPS ANAK, KESEHATAN, TIPS ORANGTUA, MEMBENTAK ANAK ANAK SAAT MARAH
Dibaca sebanyak : 1321 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank