Demi Kemanan Transaksi ATM, Bank Disarankan Pindah Dari Windows XP

Demi Kemanan Transaksi ATM, Bank Disarankan Pindah Dari Windows XP
Akhir riwayat Windows XP sudah ditentukan oleh Microsoft. Sistem Operasi (OS) yang sudah berusia lebih dari 12 tahun itu tak akan lagi didukung per 9 April 2014. Keputusan Microsoft ini bukan tak punya implikasi besar.
 
http://a.fsdn.com/sd/firehose/055/548/831-1.jpg

Sebagian besar, kurang lebih 95 persen, mesin ATM di dunia masih beroperasi pada sistem Windows XP. Dengan tak lagi didukung, maka celah untuk meretas Windows XP jadi lebih mudah dieksploitasi.

"Di dunia Teknologi Informasi (TI) istilahnya End Of Support (EOS). Jadi udah nggak bisa update lagi fitur-fiturnya. Celah yang selama ini ada nggak lagi ditutupin sama Microsoft, makanya jadi lebih mudah diretas," kata pengamat IT, Marlon Altino, di Jakarta, Jumat (21/3).

Tiga tahun lalu meretas ATM bersistem operasi Windows XP pernah didemontrasikan di Las Vegas. Konsultan keamanan data Barnaby Jack berhasil meretas ATM lalu mengeluarkan uang seperti saat mendapat jackpot dari mesin judi.

ATM SMS robbery

 

Maka sekarang saat celah itu tak lagi dipedulikan Microsoft, maka kesempatan peretas untuk menguras uang di ATM makin terbuka. Untuk mencegah hal ini Marlon menyarankan agar pihak bank mengganti OS yang dipakai di mesin ATM.

"Ke depannya lebih baik beralih saja, misal dengan Windows 7. Saya juga pernah menemukan itu ATM yang pakai Windows XP. Apabila beralih, harus cari tahu dulu programnya kompatibel nggak sama OS yang baru? Dan juga setelah peralihan dilakukan pengujian," ucap Marlon.

Bank punya waktu hingga 8 April untuk mengambil keputusan. Selama itu, bank perlu menganalisis risiko tiap keputusan, begitu juga dengan perhitungan biaya yang dibutuhkan untuk peralihan OS. Federal Financial Institutions Examination Council mengatakan proses peralihan tak harus sesegera mungkin dilaksanakan, namun hal tersebut direkomendasikan.

http://www.extremetech.com/wp-content/uploads/2013/12/windows-xp-cash-machine.jpg

 

 

 

 

references by http://adf.ly/hDf1j

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 24 Maret 14 - 06:42 WIB
Dalam Kategori : KEAMANAN WINDOWS XP, WINDOWS XP, SECURITY WINDOWS XP, ATM WINDOWS XP, KEMANAN ATM SISTEM
Dibaca sebanyak : 1360 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank