Efek Negatif Ponsel dan Smartphone Bagi Kecantikan

Efek Negatif Ponsel dan Smartphone Bagi Kecantikan
Menurut survei terbaru yang dilakukan oleh perusahaan teknologi nirkabel, Qualcomm pada Juni lalu, sekitar 29 persen masyarakat mengalami kecanduan teknologi, khususnya ponsel. Bahkan, survei ini juga mengungkapkan bahwa ponsel adalah hal pertama dan terakhir yang dilihat setiap harinya, waktu bangun pagi dan sebelum tidur malam.
 
http://vipmedia.globalnews.ca/2014/01/teen-girls-smartphones-2.jpg?w=720&h=480&crop=1


Padahal yang kita lakukan setiap hari terhadap ponsel sama saja, mulai mengirim sms, foto-foto, atau mengakses internet dan cek media sosial. Kalau Anda termasuk golongan
orang yang seperti ini, hati-hati jika lama-kelamaan tampang Anda jadi jelek.

Menurut penelitian, sisi negatif ponsel bisa mengubah struktur dan tekstur kulit, dan ini sangat memengaruhi tampilan cantik Anda secara keseluruhan.

1. Lingkaran hitam di sekitar mata
Lewat sebuah penelitian di Wayne State University, Amerika, dan Karolinska Institute, Swedia, terungkap bahwa radiasi ponsel akan menyebabkan sakit kepala. Selain itu, radiasi ini juga akan mengganggu pola tidur Anda.

Studi lain di Swedia menemukan bahwa kebanyakan anak muda biasa beraktivitas dengan ponsel sekitar satu jam tanpa henti. Hal ini akan menyebabkan Anda mengalami masalah tidur, stres, dan depresi. Jika Anda kurang tidur berhari-hari, lingkaran hitam di bawah mata pasti akan muncul.

"Kurang tidur bisa menyebabkan meningkatnya kadar stres dan ini akan menyebabkan timbulnya lingkaran gelap dan kantung mata," ungkap dr Eric Schweiger, pemilik Clear Clinic di New York.

Solusinya adalah dengan mematikan ponsel sebelum Anda tidur. Jika memungkinkan, tinggalkan ponsel di meja yang jauh dari tempat tidur Anda. Namun, kalau ponsel benar-benar harus selalu ada di dekat Anda, kurangi tingkat pencahayaannya. Selain itu, pastikan untuk memegang ponsel setidaknya 35 cm dari wajah.

2. Keriput
Beberapa orang mungkin menyeting ukuran huruf di ponselnya dengan ukuran yang kecil. Akibatnya Anda selalu menyipitkan mata, dan ini yang menyebabkan dahi berkerut. Jika kerutan ini terjadi dalam frekuensi yang lama dan terus-menerus, maka kerutan ini akan menjadi keriput yang serius.

"Ketika mata menyipit, maka otot wajah juga akan berkerut. Sebenarnya bisa diatasi dengan botox, namun Anda tetap harus melatih ekspresi wajah untuk mencegah terjadinya ekspresi ini," saran Schweiger.

Kalau perawatan botox dirasa terlalu mahal, solusi paling mudah adalah mengubah ukuran huruf di ponsel jadi lebih besar. Dan, jangan lupa juga gunakan krim untuk mencegah keriput.

3. Kondisi kulit memburuk
Sebuah studi menunjukkan bahwa ponsel memiliki bakteri 18 kali lebih berbahaya dibanding pintu pegangan toilet umum. Bakteri berbahaya ini antara lain Staph, E.coli, dan Salmonella. Parahnya dalam satu hari, ponsel biasanya menempel di kulit wajah beberapa kali.

"Bakteri dan minyak yang ada di layar ponsel ini bisa berasal dari berbagai tempat, misalnya makanan, atau meja. Hal ini akan membuat bakteri mudah melompat ke wajah dan menyebabkan jerawat serta infeksi," jelasnya.

Solusinya, Schwiger menyarankan untuk selalu menggunakan lap mikrofiber untuk membersihkan sisa minyak di layar ponsel. Usahakan juga untuk melepaskan diri dari ponsel minimal sekali sehari.

4. Rahang kendur
Terus-menerus menatap ponsel ke bawah hanya untuk memeriksa e-mail, mengirim pesan, atau bermain game ternyata bisa membuat leher jadi kendur, keriput, atau menciptakan garis rahang. Untuk menghindari kondisi yang disebut leher kalkun (turkey neck) ini, Anda perlu melakukan operasi.

Namun, cara yang paling mudah untuk menghindari terjadinya hal ini adalah dengan memegang ponsel dan menatapnya di depan Anda. "Ini memang bisa meminimalisasi risiko terjadinya turkey neck. Selain itu, penggunaan perangkat hands-free juga akan membantu," jelasnya.

5. Mata merah seperti orang mabuk
Menatap layar ponsel selama berjam-jam bisa menyebabkan mata jadi kering. Tak cuma itu, hal ini akan menyebabkan mata jadi merah. Mata yang merah disebabkan oleh pembuluh darah yang bengkak atau melebar. Kondisi ini bisa dihindari dengan cara beristirahat cukup dan tidak menatap layar ponsel terlalu lama.
 
 
 
 
 
 
 
references by female
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 20 Agustus 14 - 21:32 WIB
Dalam Kategori : TIPS, KESEHATAN, CANTIK, PONSEL, DAMPAK EFEK NEGATIF
Dibaca sebanyak : 1461 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank