Fitur Deteksi Wajah (Tag) Facebook Masih Kontroversi

Fitur Deteksi Wajah (Tag) Facebook Masih Kontroversi

Ide Facebook menampilkan software face recognition atau deteksi wajah dalam salah satu fiturnya yang memungkinkan para pengguna melakukan tag foto teman-teman mereka di jejaring sosial itu tidak diterima dengan baik oleh sejumlah pihak.

Fitur 'Tag Suggestions' sebenarnya sudah bisa digunakan anggota Facebook di Amerika Serikat sejak enam bulan lalu. Namun hal ini kembali menjadi sorotan setelah fitur itu mulai dioperasikan di negara-negara lain.

'Tag Suggestions' menggunakan software face recognition untuk mencocokkan foto-foto yang baru diunggah ke foto lain yang telah di-tag sekaligus mencetuskan nama teman dalam foto tersebut untuk keperluan tagging. Inilah yang dipermasalahkan seorang ahli keamanan komputer Graham Cluley dari Sophos.

Melalui blognya, Cluley menyatakan keberatannya terhadap fitur itu karena pengguna tidak mendapatkan notifikasi apapun. Menurut Culey, hal ini merupakan pemaksaan dan berpotensi melanggar privasi pengguna.

"Proses tag tetap dilakukan oleh teman-teman anda, bukan oleh Facebook. Namun kini Facebook mencoba memaksa teman-teman anda untuk melakukan tagging terhadap foto Anda," tulis Cluley sebagaimana dikutip Yahoo News, Kamis (9/6/2011).

 

1

 

"Facebook tidak memberikan anda kesempatan untuk menyetujui tag itu sebelumnya. Anda harus menghapus tag itu sendiri dari foto-foto teman anda. Banyak orang merasa tidak nyaman ketika situs seperti Facebook mengetahui wajah anda dan menggunakan informasi itu tanpa izin mereka," imbuh Cluley.

Menyikapi reaksi tersebut, Facebook segera melontarkan permintaan maaf karena tidak memberikan lebih banyak informasi tentang fitur tersebut. Namun jejaring sosial paling populer sejagad itu mengklaim Tag Suggestions dimaksudkan untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan tagging foto.

"Kami merilis Tag Suggestions untuk membantu pengguna men-tag teman-teman mereka di foto, kegiatan yang saat ini dilakukan lebih dari 100 juta kali setiap harinya," jelas juru bicara Facebook kepada AFP.

"Jika pengguna tidak ingin nama mereka muncul dalam Tag Suggestions, mereka bisa mematikan fitur itu lewat Privacy Settings," lanjutnya.

"Ketika kami mengumumkan fitur ini Desember lalu, kami mengatakan bakal mengujinya terlebih dahulu dan mendengarkan respon pengguna sebelum meluncurkannya di lebih banyak wilayah. Seharusnya kami memberikan keterangan lebih jelas dalam proses ini," tutup juru bicara itu.

 

 

Source: MSN

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Sabtu, 11 Juni 11 - 10:04 WIB
Dalam Kategori : FACE RECOGNITION, FACEBOOK NEWS
Dibaca sebanyak : 1120 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
POLLING
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank