Free Download Buku Ebook dan Source Code Tutorial CodeIgnitier Bahasa Indonesia

Free Download Buku Ebook dan Source Code Tutorial CodeIgnitier Bahasa Indonesia
Codeigniter adalah sebuah framework PHP yang dapat membantu mempercepat developer dalam pengembangan aplikasi web berbasis PHP dibandingkan jika menulis semua kode program dari awal.
 
Codeigniter menyediakan banyak library untuk mengerjakan tugas-tugas yang umumnya ada pada sebuah aplikasi berbasis web. Selain itu, struktur dan susunan logis dari codeigniter membuat aplikasi yang Anda buat menjadi semakin teratur dan rapi. Dengan demikian, Anda dapat focus pada fitur-fitur apa yang dibutuhkan aplikasi Anda dengan membuat kode program seminimal mungkin.
 
Codeigniter pertama kali dibuat oleh Rick Ellis, CEO Ellislab, Inc. (http://ellislab.com), sebuah perusahaan yang memproduksi sebuah CMS (content management system) yang cukup handal, yaitu expression engine (http://www.expressionengine.com). Saat ini, codeigniter dikembangkan dan dimaintain oleh expression engine development team.
 
Adapun beberapa keuntungan menggunakan codeigniter, diantaranya yaitu:
 
 
1. Gratis
Codeigniter berlisensi dibawah Apache/BSD open source, jadi Anda bisa menggunakannya secara bebas. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa membaca license agreement yang dapat dibaca saat instalasi codeigniter.
 
2. Ditulis Menggunakan PHP 4
Meskipun codeigniter dapat berjalan pada PHP 5, namun sampai saat ini kode program codeigniter masih dibuat dengan menggunakan PHP 4. Hal ini dilakukan agar codeigniter dapat tersebar lebih luas di komunitas PHP. Karena hingga saat ini, sebagian besar web hosting masih menggunakan PHP 4. Jika codeigniter dibuat dengan PHP 5, tentu saja hasilnya akan jauh lebih canggih, karena bisa memanfaatkan teknologi PHP 5 yang saat ini masih belum dapat dilakukan oleh PHP 4, misalnya untuk menerapkan konsep OOP Multiple Inheritance.
 
3. Berukuran kecil
Ukuran codeigniter yang kecil merupakan keunggulan tersendiri. Dibanding framework lainnya yang berukuran besar, serta membutuhkan resource yang besar pula untuk berjalan. Pada codeigniter, bisa diatur agar system meload library yang dibutuhkan saja, sehingga dapat berjalan ringan dan cepat.
 
4. Menggunakan konsep M-V-C
Codeigniter menggunkan konsep M-V-C (Model-View-Controller) yang memungkinkan pemisahan antara layer aplication-logic dan presentation.
 
5.URL yang sederhana
Secara default, URL yang dihasilkan Codeigniter sangat bersih (Clean) dan Search Engine Friendly (SEF).
 
6.      Memiliki paket library yang lengkap
Codeigniter memiliki library yang lengkap untuk mengerjakan operasi-operasi yang umum dibutuhkan oelh sebuah aplikasi berbasis web, misalnya mengakses database, mengirim email, memvalidasi form, menangani session, dan sebagainya.
 
7. Extensible
Sistem dapat dikembangkan dengan mudah dengan menggunkan plugin dan helper,atau dengan menggunakan hooks.
 
8. Tidak memerlukan Template Engine
Meskipun Codeigniter dilengkapi dengan template parser sederhana yang dapat Anda gunakan, tetapi hal ini tidak mengharuskan Anda untuk menggunakannya. Penggunaan Template Engine dapat mengurangi performance dari sistem.
 
9. Dokumentasi lengkap dan jelas
Dari sekian banyak framework, codeigniter adalah satu-stunya framework dengan documentasi yang lengkap dan jelas. Silahkan baca CodeIgniter User Guide. Tim pengembang Codeigniter berkomitmen bahwa dokumentasi juga sama pentingnya dengan kode program Codeigniter itu sendiri. Source kode Codeigniter juga dilengkapi comment didalamnya, sehingga memperjelas fungsi sebuah kode program.
 
10.  Komunitas
Komunitas pengguna Codeigniter saat ini berkembang pesat, Anda pun dapat berpartisipasi di http://codeignoter.com/forum/. Ada kalanya Anda mencari informasi yang case by case yang tidak dapat Anda temukan jawabannya pada User Guide. Forum Codeigniter adalah salah satu tempat yang layak Anda kunjungi.
 
 
Adapun isi dari buku ini adalah
 
Perkenalan CodeIgniter 2
PHP & Object Oriented Programming
Installasi dan Konfigurasi CodeIgniter
Hello CodeIgniter
CodeIgniter Helper dan Library
Kasus 1. Penanganan dan Validasi Form
CodeIgniter & Database
Kasus 2. CRUD dan Pagination Database
Kasus 3. Sistem Templating
Kasus 4. Sistem Authentikasi
Kasus 5. Image Gallery Sederhana
Kasus 6. Buku Tamu menggunakan Codeigniter
Kasus 7. Membuat Shopping Cart Sederhana
Kasus 8. CodeIgniter dan Ajax
Kasus 9. Codeigniter dan jQuery AutoComplete
Kasus 10. Codeigniter dan Openflash Chart
 
 
 
(Tunggu 5 detik, lalu klik tulisan SKIP AD dipojok kanan atas)
 
 
 
 
 
Akhir kata penulis menyadari bahwa penulisan dalam buku ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu pertanyaan, kritik dan saran dapat di emailkan ke xibnoe@gmail.com atau dapat mengunjugi blog penulis di http://www.koder.web.id
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Sabtu, 06 Oktober 12 - 19:41 WIB
Dalam Kategori : CODEIGNITIER, PROGRAMMMER, EBOOK CODE IGNITIER GRATIS, FREE DOWNLOAD BUKU TUTORIAL SOURCE CODECODEIGNITIER BAHASA INDONESIA
Dibaca sebanyak : 8893 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
POLLING
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank