Google akan Saingi Facebook dengan Social-Networking Terbarunya

Google akan Saingi Facebook dengan Social-Networking Terbarunya

 Google akhirnya memperlihatkan Google, jejaring sosial yang dimaksudkan untuk menyaingi semua layanan serupa yang sudah ada. Kini Google sedang melakukantest untuk layanannya tersebut, dengan memberikan undangan terbatas untuk beberapa pengguna.

Seperti yang dikutip dari Mashable, Kamis (30/6/2011), Google adalah sebuah proyek yang dipimpin oleh Vic Gundotra, Senior Vice President of Social dari Google. Proyek tersebut sebelum telah ditunda beberapa kali.

Google memiliki beberapa fitur umum yang mirip dengan Facebook, seperti album foto dan stream baru. Selain itu Google juga memiliki fitur unik seperti Hangouts, yang memungkinkan 10 pengguna untuk masuk dalam satu grup video chat.

Awalnya, Google hanya membolehkan beberapa pengguna untuk mencoba layanan jejaring sosial tersebut. Kini Google menambah lagi undangan/invite ke pengguna untuk menjajal Google.

Para pengguna Google akan menemukan sebuah tombol yang memungkinkan mereka untuk mengundang teman di Google Stream. Undangan/invite juga tersedia apabila seorang pengguna Google berbagi konten melalui email dengan bukan pengguna Google.

Rumor tentang layanan jejaring sosial Google sudah berhembus sejak tahun lalu. Sebelumnya dikabarkan akan diluncurkan akhir 2010, namun hal tersebut tidak terjadi.

Meski masih dalam tahapan ujicoba lapangan, pihak Google belum mengumumkan kapan mereka secara resmi akan meluncurkan Google.

1

 

Baru beberapa jam setelah Google membuka undangan tambahan untuk mencoba Google, kini tambahan undangan terbatas tersebut sudah dihentikan karena membludaknya permintaan undangan dari pengguna.

Seperti yang dikutip dari The Next Web, Kamis (30/6/2011), opsi untuk log-in di side-bar situs Google telah hilang. Begitu pula jika pengguna menambahkan bukan anggota Google ke fitur Circles, opsi untuk meng-invite juga hilang.

"Kami menghentikan mekanisme invite, karena permintaan yang membludak. Kami harus melakukan hal ini dengan hati-hati. Terima kasih atas minat anda!" tulis Vic Gundotra, Senior Vice President of Social dari Google, di Google

"Bagi siapapun yang ingin keluar dari Google, mohon ingat bahwa Anda bisa selalu keluar bersama dengan seluruh data milik Anda, dengan menggunakan Google Takeout," tambah Gundotra, yang juga pimpinan proyek di Google.

Google yang diperlihatkan beberapa jam yang lalu memang mengundang rasa penasaran dari banyak pihak. Layanan jejaring sosial yang diprediksi bakal menyaingi Facebook ini terintegrasi dengan seluruh layanan Google, seperti Gmail, Google Docs, Google Calendar, dan lain-lain.

Layanan jejaring sosial yang masih dalam tahap ujicoba ini memang membuka undangan terbatas bagi pengguna yang ingin menjajalnya. Tapi meski harus mendapatkan undangan khusus dari Google untuk masuk, situs Google tetap bisa diakses untuk umum.

Pihak Google sampai saat ini belum mengumumkan kapan mereka secara resmi akan meluncurkan Google.

 

Layanan jejaring sosial Google yang baru diperlihatkan oleh Google hari ini nampaknya cukup membuat ramai dunia jejaring sosial. Sayang, layanan tersebut masih dalam tahap uji coba, untuk menggunakannya pun harus melalui 'undangan khusus' dari Google.

Meski harus mendapatkan undangan khusus dari Google untuk akses masuk, namun situs utama Google tetap bisa dibuka untuk umum.

"Saat ini, kami masih menguji coba situs ini dengan sejumlah kecil pengguna, tapi hal tersebut tidak akan memakan waktu lama. Tinggalkan alamat email anda, kami akan memastikan anda menjadi yang pertama apabila kami siap mengundang lebih banyak orang untuk uji coba ini," tulis pihak Google di situs tersebut.

Ketika Okezone, Kamis (30/6/2011), masuk ke situs Google, setidaknya ada enam fitur utama yang ditawarkan, yakni Sparks, Circle, Photos, Profile, Dashboard dan Hangouts.

Berdasarkan menu 'learn more' yang kami telusuri dijelaskan bahwa Circle adalah sebuah fitur untuk berbagi hal dengan pengguna yang berbeda. Di situs Google disediakan pula sebuah video YouTube sebagai panduannya.

Lalu ada fitur seperti Hangouts. Disebutkan pula bahwa fitur Hangout memungkinkan 10 pengguna untuk masuk dalam satu grup video chat.

Fitur terakhir yang dijelaskan di situs Google adalah Sparks. Fitur ini memberikan feed dari hal-hal yang pengguna sukai. Seperti berbagi feed berita ke sesama pengguna.

Ketiga fitur yang dijelaskan, Circle, Hangout & Sparks, masing-masing diberikan video YouTube sebagai tutorial.

Selain itu di situs Google juga tersedia menu 'Take a tour' yang ditujukan bagi pengguna yang ingin menjajal menu-menunya lebih detil. Tapi sayang tidak semua detil menu dapat dioperasikan secara penuh, karena harus memiliki undangan resmi untuk mengaksesnya.

Seperti yang telah Okezone coba, untuk mengakses Google pun cukup dengan memasukkan alamat email Gmail (yang tentunya harus memiliki undangan resmi), karena layanan jejaring sosial tersebut terhubung dengan menu Google lainnya seperti Google Docs, Google Calendar, dan lain-lain.

Untuk mencoba situs Google, silahkan tawarkan undangan Anda ke: https://plus.google.com

 

source: MSN

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 01 Juli 11 - 06:21 WIB
Dalam Kategori : NEW SOCIAL NETWORKING FROM GOOGLE
Dibaca sebanyak : 1943 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
AGUNKz scrEaMO {Agung YuLy Diyantoro} BlogAGUNKz scrEaMO {Agung YuLy Diyantoro} Blog · thanks rating nya gan Senang 
Diposting pada : Jumat, 01 Juli 11 - 21:22 WIB
Leonardi Paris HLeonardi Paris H · sip2,,,keep posting cuy
Diposting pada : Sabtu, 02 Juli 11 - 09:36 WIB
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank