Identitas Pemilik Akun Twitter @poconggg Akhirnya Terbongkar, Siapa Berikutnya..

Identitas Pemilik Akun Twitter @poconggg Akhirnya Terbongkar, Siapa Berikutnya..
Namanya @poconggg. Berbeda dengan pocong-pocong yang berseliweran di bioskop-bioskop, poconggg lebih terkenal di jejaring sosial Twitter. Pengikutnya juga lumayan banyak, yakni mencapai 784 ribu. @presidenSBY hanya punya pengikut 32 ribu. Banyak yang suka dengan tweet-nya karena kerap kali lucu.
 
 
Popularitas @poconggg pun makin meninju langit setelah dia merilis buku yang super laris: Poconggg juga Pocong. Sebetulnya buku itu biasa saja. Untuk orang yang sudah tua bangka, tertawa pun rasanya sulit. Untuk yang kategori om-om, paling juga berkomentar mirip Lupus, bacaan mereka di tahun 1980-an.
 
Namun, kenyataannya banyak yang suka. Saat dijual, buku ini langsung diburu. Satu jam ludes, bahkan kemudian dicetak ulang. Siapa penimat buku ini? Rata-rata kebanyakan anak remaja. Di kereta dan bus, terlihat beberapa remaja cekikikan membaca buku bersampul gambar Justin Bieber dan Lady Gaga menanti tanda tangan Poconggg itu.
 
Hanya saja, identitas @poconggg disembunyikan. Tidak boleh ada satu pun yang tahu jati diri si Pocongg ini. Pun begitu, ketika dia sudah terkenal. Poconggg seperti pemeran pocong di bioskop-bioskop yang namanya tidak pernah ditulis pada credit tittle di ujung film.
 
Banyak yang penasaran? Sudah pasti. Namun, entah alasannya, mungkin karena kepingin misterius, identitas ini tetap tak ada yang tahu. Tapi, seperti pepatah, sepandai-pandainya tupai melompat, pasti jatuh juga. Nah, seorang pemilik akun @siapapoconggg kerja keras siang malam. Dia benar-benar penasaran dengan kiprah si pocong ini.
 
Eng ing eng..... dia pun bekerja. Tidak mudah memang karena si poconggg memang menutup diri. Diajak wawancara, ogah. Ketemuan apalagi. Walhasil, dia pun ambil jalan samping. Dia pun menjerit di Twitter, barang siapa yang kenal @pocongg harap menghubunginya.
 
Eh, nyaut. Seseorang yang mengaku teman dari temannya @poconggg menawarkan bantuan. Syaratnya, dia ditransfer uang sebanyak setengah juta. “Kita sebut saja orang ini “L”. Syaratnya, saya harus bayar L sebanyak 500 ribu rupiah. Saya bayar dia."
 
Dia pun menyebutkan seseorang di balik akun @poconggg, yakni @ariefmuhammad. Namun, si pencari ogah percaya begitu saja. Dari sebuah artikel di situs online yang berkisah tentang larisnya buku Poconggg juga Pocong, dia mendapatkan titik terang.
 
Ada 4 orang yang berperan dalam penerbitan bukunya itu. Mereka adalah @windyariestanty, @benakribo, @shitlicious, dan @raditya dika. Aha, ternyata mereka adalah pengikut akun @ariefmuhammad. Cukup aneh bagi dia. Arief Muhammad bukanlah selebritis.
 
1
 
Dari situlah, si penasaran itu mengecek di situs google.com. "Saya google image @ariefmuhammad, ternyata ada foto tumpukan buku Poconggg juga Poconggg di akun lockerznya. Dia lagi ngecek penjualan bukunya sendiri. Tapi dia lupa, dia menaruh fotonya di akun @ariefmuhammad, bukan @poconggg!
 
 
Benarkah dia si @poconggg? Tak ada yang bisa memastikan. Namun, menurut @siapapoconggg, berkali-kali dia men-tweet dan mengirimkan e-mail, tak ada balasannya. “Nama asli @ariefmuhammad di Twitter yg tadinya Muhammad Arief langsung berubah jadi Armuh Yakoeb."
 
Namun kemudian, muncul pula spekulasi bahwa terkuaknya identitas poconggg karena akan dibuat film tentang poconggg. Pernyataan tersebut dikicaukan oleh Jenny Jusuf. Melalui akun @JennyJusuf: Admin kebongkar? DIBONGKAR, kali. Bentar lagi, kan, filmnya keluar. Promo gretongan. #bukannyinyir #cumangemeng #tapiyakinbener #udahah #kabur.
 
Ranah Twitter pada akhirnya bukan lagi sekadar asal cuit-cuit, ada dunia lain di sana. Membongkar misteri @poconggg menjadi fenomena unik. ”Ini enggak berhenti sampe sini. Saya juga akan membongkar identitas pemilik akun Twitter terkenal yg lain.” Makin seru, ternyata poconggg bisa ditangkap. Asyiiiik....
 
 
 
 
 
 

Pengungkap Identitas @Poconggg

 
 

Dunia twitter geger! Seorang Paparazzi Digital mengungkap identitas si @poconggg. Bagaimana asal mula dan dampak dari pengungkapan ini?

Seorang Paparazzi Digital, sebuah profesi baru,@DrakulaEdogawa menunjukkan hasil temuannya yang diklaim telah membuka tabir rahasia dibalik akun @poconggg. Paparazzi Digital tersebut membuat blog instan untuk menampilkan temuan yang disajikan ala detektif mengungkap kasusnya. Simak saja dihttp://bit.ly/rhXYkg. Wah pasti ada yang tertawa senang tuh…..iya siapa lagi…

Kontan saja publikasi temuan itu jadi percakapan di linimasa twitter. Sampai-sampai, web SalingSilang.com yang berperan menjaring percakapan di dunia digital membuat laporan khusus yang bisa disimak di http://bit.ly/qQPUoE. Ramainya percakapan ini membuat #prayforpoconggg menjadi trending topics di Indonesia pagi ini. (jiaaah pagi buta TT beginian…..)

Akun @poconggg memang fenomenal. Bahkan perbandingan pengaruh antara @Poconggg versus @Sherinamunaf pun di luar dugaan dimenangkan oleh akun misterius itu. Bahkan, buku karya ta……ups maaf, karya @poconggg juga laris manis. Saking larisnya sampai dimuat di tabloid lho. Nih bacahttp://bit.ly/pLLx8v

Sebagaimana dunia nyata, ternyata di dunia digital berlaku hukum yang sama. Popularitas memancing rasa ingin tahu, iri dan berjuta respon lain. . Popularnya @poconggg melahirkan sebuah profesi baru, Paparazi Digital. Profesi baru di dunia. Dalam blognya, pelaku menyatakan niatnya untuk mengungkapkan akun twitter terkenal lainnya. Wah wah..…

Bagaiman respon para fans @poconggg?

Mengapa orang begitu menyukai @poconggg? Akun tersebut telah menciptakan sebuah permainan yang menghibur bagi fansnya, meski dia sendiri “menjadi korban”. Respon orang terhadap pengungkapan identitas @poconggg sangat tergantung pada posisi apa seseorang dalam permainan itu.

Apa saja responnya?

  1. Respon Gembira. Respon ini berupa kegembiraan atau mengkapokkan si @poconggg karena sudah ketahuan.  Respon ini lahir mungkin karena selama ini merasa “terganggu” atas popularitas dalam permainan galau si @poconggg
  2. Respon Aku Padamu. Respon yang menguatkan si @Poconggg untuk tetap berlaku sebagaimana biasa. Begitu sayangnya fans terhadap @Poconggg yah?  Saking sayangnya sudah ada yang nulis posting lho.
  3. Respon Kemarahan. Respon ini berupa sindiran atau serangan terhadap usaha Paparazzi Digital dalam mengungkap identitas @Poconggg.
  4. Respon Kekhawatiran. Respon yang menunjukkan kekhawatiran akan kehilangan peran si @poconggg. Respon berharap @poconggg tetap baik-baik saja (ih kayak lagu deh…).
  5. Respon Cuek. Respon ini berupa ungakapan ketidakpedulian atas identitas @Poconggg selama akun tersebut tetap menghibur. Toh selama ini semua tahu kalau pasti ada manusia yang menjadi admin dibalik akun itu. (ya iya lah….emang siapa lagi?)
  6. Respon apalagi ya..….mau menambahkan?

Pada akhirnya, linimasa twitter bisa dipahami sebagai dunia permainan, sebuah panggung yang menampilkan berbagai aktor. Setiap orang memilih peran dan permainannya sendiri demi kesenangan atau kepentingan masing-masing. Linimasa pun memicu beragam emosi mulai tawa, marah, sirik, hingga menangis.

 

 

 

"ADMIN PEMILIK @POCONGGG ADALAH @ARIEFMUHAMMAD … INI BUKTINYA!", itulah judul dari sebuah artikel blog yang menggemparkan ranah Twitter malam ini (5/9/2011). @Poconggg adalah sosok akun anonim yang sangat populer di Twitter yang juga telah mengeluarkan buku laris berjudul "Poconggg Juga Pocong".

Pada blog yang "didedikasikan" kepada @Poconggg tersebut, @siapapoconggg mengikuti dengan rinci segala aktivitas yang berhubungan dengan @Poconggg, baik di dunia maya maupun nyata. Lewat analisanya, disebutlah nama-nama @radityadika dan @windyariestanty dari Bukune, @shitlicious, @benakribo, dan..... @ariefmuhammadAkun terakhir ditengarai sebagai pria di balik "bungkusan" rapi @Poconggg selama ini.

 @ariefmuhammad yang dimaksud @siapapoconggg adalah mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Trisakti angkatan 2008. Penelusuran yang dilakukan @siapapoconggg tergolong sangat "niat", dia meneliti siapa orang-orang di sekeliling @Poconggg, bagaimana hubungan mereka, bahkan dia mengikuti berita-berita seputar @Poconggg di luar social media. Seperti sebuah artikel tabloidnova.com di bulan Juli 2011.

Berbagai reaksi tweeps tumpah ruah di linimasa. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Tak mudah menebak motif @siapapoconggg yang berusaha mengungkap siapa dalangnya @Poconggg. Tak bisa dipungkiri bahwa media sosial adalah lahan bisnis yang menggiurkan. Iri atau dengki bisa saja melandasi tergeraknya usaha ini. Meski motif-motif publikasi juga tercium sehingga membuat kita bertanya-tanya, "Apa yang selanjutnya @Poconggg lakukan?".

Lagipula, apakah ada bedanya jika terungkap siapa dibalik "kain kafan" @Poconggg? Toh, dia telah memiliki ribuan fans fanatik.

By the way, siapakah @siapapoconggg?

source: salingsilang.com, kompasiana.com, tempointeraktif.com
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 07 September 11 - 14:51 WIB
Dalam Kategori : POCONGGG, TWITTER INFO, HACK ACOUNT, IDENTITAS POCONGGG, SIAPA POCONGGG, @ARIEFMUHAMMAD
Dibaca sebanyak : 8924 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank