Makanan-Makanan Penyebab Bau Badan

Makanan-Makanan Penyebab Bau Badan

badan dan bau mulut adalah permasalahan yang seringkali mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Banyak hal yang mempengaruhi timbulnya bau badan seperti diet, jenis kelamin, pekerjaan, suasana hati, genetika dan obat-obatan.

Deodoran mungkin cukup efektif menutupi bau tak sedap dari badan, tetapi sebagian pakar berpendapat penggunaan deodoran terlalu sering bisa berpengaruh buruk. Perubahan pola diet sepertinya bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk mengurangi bau badan yang buruk.
 

PENYEBAB bau badan adalah bakteri dan keringat. Walaupun keringat tidak menimbulkan bau, tapi keringat dapat membantu memperbanyak jumlah bakteri pada tubuh. Keringat terkadang muncul setelah beraktivitas, apalagi jika melakukan aktivitas berat.

Bakteri ini jika dibiarkan akan menempel dan bercampur dengan keringat yang kita keluarkan menjadi bau yang tidak sedap. Bakteri apabila dibiarkan akan menempel dan bercampur dengan keringat dan menjadi bau yang tidak sedap. Bau badan dapat mengurangi rasa percaya diri dan akibatnya kita susah bergaul.

"Anda memiliki dua kelenjar keringat yang berbeda. Mereka disebut kelenjar ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin adalah kelenjar yang menghasilkan keringat berair untuk menjaga tubuh anda tetap dingin. Kelenjar apokrin berada pada folikel rambut anda, sehingga keringat berlebihan akan menyebabkan bau ketiak," kata Dr. Whitney Bowe, sepereti dilansir laman Fox News, Rabu (15/10)

Berikut beberapa penyebab bau badan:

1. Stres

Percaya atau tidak, keringat yang paling berbau adalah keringat mereka yang sedang stres. Itu karena saat stres, kelenjar keringat apokrin menghasilkan keringat dengan air lebih sedikit, bercampur bakteri, lemak dan protein yang beraroma menyengat. Keringat setelah olahraga atau kepanasan umumnya hanya terdiri dari air dan elektronit saja.

2. Makanan

Bawang putih, bawang merah dan kari bisa mengakibatkan tubuh anda memiliki bau yang 'luar biasa'. 

3. Minuman Mengandung alkohol

Anda akan berkeringat ketika mengkonsumsi minumal alkohol. Alkohol akan melalui darah anda dan seluruh tubuh, beberapa keluar melalui pori-pori dan melalui napas. Tidak peduli jenis alkohol yang anda minum, sekali tubuh memecahnya aromanya bisa sama.

 

Berikut ini adalah makanan yang harus Anda batasi untuk mencegah bau badan dan bau mulut:

1. Rempah-rempah

Rempah-rempah dengan aroma kuat ketika dicerna umumnya akan menghasilkan gas sulfur yang diserap oleh darah dan dieliminasi melalui paru-paru dan pori-pori kulit. Hal ini menyebabkan bau mulut dan bau badan. Contoh makanan tersebut adalah bawang putih, bawang merah, dan kari.

2. Daging Merah

Butuh waktu lama untuk mencerna daging merah. Ketika makanan tidak tercerna, racun dan gas berbau busuk dilepaskan yang merupakan penyebab bau keringat. Sebuah studi yang diterbitkan dalam oleh Chemical menyimpulkan, wanita menilai pria yang tidak mengkonsumsi daging lebih menyenangkan, lebih menarik, dan sedikit mengalami bau badan daripada pria yang makan daging.

3. Alkohol & Kafein

Meskipun mengkonsumsi alkohol dan kafein (kopi, teh, cokelat, soda, dll) telah menjadi kebiasaan, dengan membatasi minuman tersebut, badan anda akan terasa lebih segar dan tidak menimbulkan bau.

4. Makanan Olahan & Junk Food

Konsumsi makanan olahan yang terlalu banyak garam/gula, tepung, minyak terhidrogenasi, dan sebagainya, cenderung akan membusuk di perut, sehingga memproduksi bau napas yang tidak diinginkan dan bau badan.

5. Karbohidrat Rendah

Pemotongan pada karbohidrat menyebabkan asupan makanan kaya protein berlebih. Ini dapat membantu membakar timbunan lemak dalam tubuh. Namun, proses ini melepaskan keton ke dalam aliran darah Anda yang membuat Anda mencium bau keringat yang buruk.

6. Produk Susu

Produk susu juga kaya protein, yang ketika dipecah dalam perut Anda, menimbulkan hidrogen sulfida dan metil merkaptan pemicu bau busuk.

7. Kolin

Makanan yang kaya kolin memberikan bisa membuat keringat Anda seperti bau ikan. Beberapa orang, yang tidak bisa mencerna makanan ini mudah, "berbau amis." Contoh makanan tersebut adalah telur, hati, ikan, dan kacang-kacangan.

8. Gorengan

Lemak dan minyak yang ada dalam makanan yang digoreng dan berlemak menjadi tengik dengan berjalannya waktu, dan bisa mengarah pada pencernaan yang buruk. Hal ini juga menyebabkan bau badan yang buruk.

9. Tembakau

Asap rokok yang bercampur dengan unsur-unsur lain dan keluar melalui kelenjar keringat akan menimbulkan bau tak sedap yang khas. Bahkan setelah berhenti merokok, bau ini akan tetap tinggal di badan Anda dalam waktu berminggu-minggu.

10. Trimetilamina

Beberapa orang memiliki kelainan genetik yang dikenal sebagai trimethylaminuria. Dalam kondisi ini, tubuh tidak mampu untuk memecah asam amino, trimetilamin, yang lagi-lagi menghasilkan bau badan amis. Ada banyak makanan yang mengandung asam amino, seperti seafood, minyak ikan, telur, hati, susu sapi, kacang-kacangan, produk kedelai, brokoli.

Untuk mencegah bau badan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan diantaranya, minum air putih yang banyak, konsumsi makanan yang mengandung serat, dan buah-buahan yang rendah kolin (apel, stroberi, jeruk, anggur, tomat, nanas, pisang dan semangka). Jika anda bisa mengubah pola diet Anda, tidak perlu lagi khawatir dengan bau badan yang selama ini mengintai Anda. Selain itu, Anda juga tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang untuk membeli deodoran.

 





 

source: lifemojo.com, jpnn

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Minggu, 11 September 11 - 17:00 WIB
Dalam Kategori : INFO KESEHATAN, TIPS SEPUTAR MAKANAN, MAKANAN-MAKANAN PENYEBAB BAU BADAN, PENYEBAB BAU BADAN, KENAPA BAU BADAN, PEYEBAB BAU BB
Dibaca sebanyak : 1818 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank