Masyarakat Papua Antusias Gelar Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020

Masyarakat Papua Antusias Gelar Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020

Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo telah memutuskan Papua sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 tahun 2020. Kendati keputusan resmi sudah dikeluarkan menteri, awal April lalu, namun Roy kembali menegaskan hal itu.

“Dengan izin Allah SWT dan sesuai hasil pemungutan suara rapat tahunan KONI, Papua pada akhirnya mendapatkan suara terbanyak dengan 66 suara mengungguli Aceh dan Bali. Hal itu membuat keputusan Menteri menetapkan Papua sebagai tuan rumah PON 2020,” ucap Roy Suryo dalam konferensi pers di Gedung Kemenpora, Senayan, Kamis (17/4).

Ditegaskan Roy, sejak pertama kali PON diselenggarakan belum pernah bumi Papua menjadi tuan rumah. “Kebanyakan dilakukan di Pulau Jawa. Itu menjadi alasan lain kenapa dipilihnya Papua, kita juga segera terbitkan Peraturan Menteri atas terpilihnya Papua sebagai tuan rumah PON 2020,” katanya.

TERIMA KASIH

Di sisi lain, Gubernur Papua, Lukas Enembe, yang hadir dalam jumpa pers mengucapkan terima kasih atas pemilihan Papua sebagai tuan rumah PON 2020.”Saya mewakili masyarakat Papua mengucapkan terima kasih atas pemilihan Papua sebagai tuan rumah PON 2020. Kesempatan ini akan kami manfaatkan dengan baik,” tegas Lukas.

Dikatakannya, ini awal kebangkitan, bahwa Papua berada di dalam Indonesia. “Masyarakat Papua sangat antusias untuk menyelenggarakan PON 2020 nantinya,” tambahnya.

Xlarge_delegasi_pemuda-pemudi_papua

 

 

 

Papua Miliki Persiapan Panjang Gelar PON 2020

Provinsi Papua bersiap lebih dini untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional 2020 setelah pemerintah yang dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga mengeluarkan keputusan terkait dengan lokasi.

Gubernur Papua Lukas Enembe di Jakarta, Kamis (17/4), mengatakan setelah ada keputusan pihaknya langsung bergerak cepat untuk menyiapkan segala sesuatunya sesuai dengan program yang telha dibuat sebelumnya. "Kami tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini. Makanya kami terus melakukan koordinasi dengan semua pihak demi kesuksesan PON nanti," katanya di Kantor Kemenpora Jakarta.

Menurut dia, dengan waktu yang ada pihaknya optimistis mampu mempersiapkan semua kebutuhan termasuk membangun infrastruktur yang akan digunakan pada pesta olahraga terbesar di Indonesia itu.

Penentapan Papua sebagai lokasi PON 2020, kata dia, merupakan awal kebangkitan olahraga terutama diwilayah timur. Selain itu penunjukan Papua sebagai tuan rumah juga menjadi ajang kebersamaan.

"Masyarakat Papua sangat menyambut baik penunjukan ini. Ini adalah sebuah penghargaan bagi seluruh masyarakat," katanya.

Lukas Enembe menambahkan, untuk mensukseskan PON, pemerintah Provinsi Papua akan membangun stadion yang nantikan akan digunakan untuk pembukaan. Stadion baru ini akan dibangun didekat Danau Sentani.

"Lahan sudah dibebaskan. Tinggal dibangun saja. Stadion ini akan menampung sekitar 50 ribu penonton. Yang jelas kami mendapatkan dukungan dari banyak pihak termasuk pihak ketiga," katanya.

Selain di Jayapura, lokasi pertandingan pada PON XX nanti juga akan dilaksanakan di Timika. Di Kota tersebut rencananya akan dibangun pusat olahraga standar internasional. Selain itu Papua juga menggandeng Papua Barat.

Sedangkan Menpora Roy Suryo mengatakan dengan waktu yang ada pihaknya optimistis Papua mampu mempersiapkan pelaksanaan PON 2020. "Kami yakin semuanya bisa siap sesuai dengan yang ada. Papua juga bisa belajar dari Sumatra Selatan, Riau maupun Kalimantan Timur," katanya seusai pertemuan.

Roy Suryo berharap dengan ditunjuknya Papua sebagai tuan rumah perkembangan pembinaan olahraga serta infrastruktur akan lebih merata karena selama ini hanya fokus di Jawa dan Sumatra.

 

 

 

 

 

 

refernces by poskota, metrotv

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 23 April 14 - 20:10 WIB
Dalam Kategori : PAPUA, INDONESIA, PEKAN OLAHRAGA NASIONAL, TUAN RUMAH PON 2020
Dibaca sebanyak : 1138 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank