Olahraga Dengan Perut Kosong? Bolehkah?

Olahraga Dengan Perut Kosong? Bolehkah?

Anda mungkin berpikir berolahraga dengan perut kosong akan membakar lemak di tubuh Anda dengan lebih efektif. Benarkah anggapan tersebut?

http://www.mausehat.com/wp-content/uploads/2014/06/menyingkap-hubungan-olahraga-dengan-kesehatan-2.jpg

Ternyata anggapan tersebut salah, menurut Wendy Bazilian, ahli gizi olahraga asal Amerika, makan sebelum olahraga sangat penting dilakukan. Bahkan, makan sebelum olahraga memiliki beberapa keuntungan seperti berikut.

  • Meningkatkan metabolisme saat berolahraga
  • membakar lebih banyak lemak, karena membakar lemak juga memerlukan energi
  • Berolahraga lebih lama
  • Tidak mudah lelah

Tetapi, jika Anda baru saja terbangun dari tidur, tidak masalah bagi Anda untuk melakukan beberapa olahraga ringan sebelum makan. Hal ini dikarenakan saat tidur tubuh akan menyimpan energi dalam bentuk glikogen yang membuat Anda memiliki energi untuk berolahraga sekitar 60 menit setelah bangun tidur.

Pemilihan makanan yang dikonsumsi sebelum berolahraga juga sangat menentukan. Sebaiknya anda memilih sayur atau buah, sumber protein, serta karbohidrat komplek seperti oat sebagai menu Anda sebelum berolahraga. Dengan demikian Anda tidak akan mudah merasa lapar sepanjang hari. Jika anda khawatir akan jumlah kalori yang Anda konsumsi, Anda dapat membaginya menjadi dua bagian untuk setelah berolahraga.

 

 

Akibat Olahraga Dengan Perut Kosong

 

Olahraga memang banyak manfaatnya, salah satunya membuat tubuh tetap bugar dan menurunkan berat badan.
Tapi bila Anda melakukannya di pagi dengan perut kosong, olahraga bukannya memberi manfaat baik, tetapi malah efek negatif.

Saat tidur, tubuh sudah dibiarkan tidak makan selama 6 hingga 8 jam.
Bila Anda langsung mengajaknya olahraga saat bangun pagi, tubuh akan kehilangan tenaga dan dapat memberikan dampak negatif.

Begitu pula sebaliknya, berolahraga setelah makan juga dapat menyebabkan kram perut, mual dan muntah. Biarkan sarapan Anda dicerna dengan menunggu 30 menit sampai 1 jam setelah makan sebelum berolahraga.

Berikut akibatnya/resiko bila Anda melakukan olahraga pagi hari dengan perut kosong

1. Kram

Ketika Anda bangun di pagi hari, tubuh mengalami dehidrasi. Anda harus mengonsumsi cairan sebelum berolahraga untuk mencegah dehidrasi lebih lanjut, yang dapat menyebabkan kram otot.

2. Pingsan

Kadar gula darah rendah di pagi hari dapat terjadi jika seseorang tidak makan untuk waktu yang lama. Jika Anda berolahraga dengan perut kosong, hal ini dapat menyebabkan Anda pingsan.

Orang dengan diabetes atau hipoglikemia berisiko paling tinggi pingsan berolahraga tanpa sarapan dulu. Pingsan juga dapat terjadi ketika tubuh tidak terhidrasi dengan benar sebelum berolahraga.

3. Hilangnya massa otot

Berolahraga dengan perut kosong dapat menyebabkan hilangnya massa otot. Tubuh membutuhkan karbohidrat untuk membakar lemak. Ketika bangun di pagi hari dari istirahat malam, tubuh telah kehabisan stok karbohidrat di hati. Jika karbohidrat tidak tersedia, tubuh menggunakan massa otot untuk bahan bakar untuk membantu memecah lemak.

Berolahraga 30 menit setelah konsumsi makanan memungkinkan tubuh untuk menggunakan karbohidrat yang dikonsumsi untuk bahan bakar untuk membakar lemak dan mempertahankan massa otot.

4. Metabolisme melambat

Jika Anda melewatkan sarapan dan melakukan olahraga, energi yang digunakan selama latihan menambah defisit energi. Pada titik ini, tubuh telah cenderung bergeser ke ketosis, yaitu proses di mana metabolisme melambat untuk menyimpan energi lebih lama.

Kelaparan mungkin menghilang untuk waktu yang singkat, tapi akhirnya menyebabkan sensasi rasa lapar terasa lebih berat. Sensasi lapar ini berkontribusi pada makanan berlebihan.

 

 

 

 

 

 

references by vemale
modified by agunkzscreamo

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 07 Agustus 14 - 06:41 WIB
Dalam Kategori : TIPS, KESEHATAN, OLAHRAGA, TUBUH, BEROLAHRAGA BELUM MAKAN
Dibaca sebanyak : 1657 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank