OOO Jadi Ini Manfaat Kita Berpuasa

OOO Jadi Ini Manfaat Kita Berpuasa

Menjalankan ibadah puasa seringkali hanya dipandang sebagai salah satu bentuk menjalankan perintah agama, namun siapa sangka ternyata banyak manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dari puasa. Kali ini MSN mengajak Anda untuk melihat manfaat dari berpuasa.

The benefits of fasting(iStock)

Berpuasa dapat membantu menurunkan berat badan seseorang, dimana tubuh kita akan menggunakan cadangan lemak yang kita miliki agar kita tetap bertenaga. Selain itu, dengan berpuasa akan memperkecil ukuran lambung kita sehingga jumlah makanan yang kita konsumsi berkurang.

The health benefits of fasting(AP Photo)

Selama berpuasa, tubuh kita biasanya akan mendapatkan vitamin, mineral dan zat lain yang lebih cukup dari biasanya. Saat puasa, kita akan cenderung memakan makanan yang lebih sehat dan mampu memberikan kita cadangan tenaga yang cukup untuk menjalani puasa.

The health benefits of fasting(stock.xchng)

Salah satu manfaat paling besar dari berpuasa adalah membersihkan tubuh kita dari berbagai racun yang terdapat di hati, kulit, ginjal, dan organ lainnya. Organ-organ tubuh kita akan membersihkan berbagai zat berbahaya dari lemak dan juga asam lemak yang terdapat dalam tubuh kita.

The health benefits of fasting(iStock)

Berpuasa dapat membantu kestabilan emosi dan juga mental seseorang. Dimana selama menahan diri untuk makan, kita juga "diingatkan" untuk menahan diri dari godaan lainnya. Hal ini mampu memberikan efek positif bagi kesehatan mental seseorang.

The health benefits of fasting(stock.xchng)

Sel-sel dalam tubuh kita juga mendapatkan manfaat dari berpuasa. Dimana selama berpuasa, tubuh kita memiliki kesempatan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan mencegah sel-sel tersebut terkontaminasi dan dapat berkembang menjadi kanker

The health benefits of fasting(iStock)

Berpuasa juga dapat membantu kita untuk mengurangi tingkat koresterol dalam tubuh kita, dimana pembuluh darah vena dan arteri dalam tubuh kita mendapatkan asupan lemak yang lebih rendah dan mendapatkan lebih banyak serat. Tak hanya itu, dari penelitian yang ada, berpuasa air dapat membantu Anda mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan diabetes.

The health benefits of fasting(Shutterstock ©Dim Dimich)

Sistem pencernaan kita juga mengalami manfaat dari berpuasa, dimana puasa dapat membantu mengurangi masalah lambung, inflamasi, dan juga pencernaan, dimana selama puasa lambung dan usus kita dapat beristirahat.

The health benefits of fasting(iStock)

Puasa dapat membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang. Proses pemulihan tubuh dan otak kita selama tidur akan berjalan lebih efektif selama puasa dibandingkan biasanya. Tak hanya itu, puasa dapat membantu memperbaiki siklus tidur seseorang.

The health benefits of fasting(stock.xchng)

Dengan berpuasa, tubuh kita juga lebih kebal dari penyakit dimana energi yang biasa digunakan untuk mencerna makanan dapat digunakan untuk sistem metabolisme dan menambah kekebalan tubuh kita dan menjadikan sistem kekebalan tubuh kita bekerja lebih optimal.

The health benefits of fasting(stock.xchng)

Banyak bukti bahwa jika kita makan lebih sedikit, umur kita akan lebih panjang. Metabolisme kita lebih lambat, sistem kekebalan tubuh kita lebih baik, dan produksi hormon kita bekerja lebih baik termasuk didalamnya hormon anti penuaan.

Jadi, bagi Anda yang masih menjalankan ibadah puasa dengan setengah-setengah, kini saatnya Anda melakukan puasa dengan sepenuh hati sebagai ibadah dan juga untuk menjaga kesehatan diri Anda sendiri. Selamat berpuasa!

 

 

source: MSN.com

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 12 Agustus 11 - 23:06 WIB
Dalam Kategori : MANFAAT PUASA SHAUM RAMADHAN, HIKMAH PUASA, KEGUNAAN PUASA BAGI KESEHATAN
Dibaca sebanyak : 1689 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank