Pengguna Windows Phone Kian Bertambah

Pengguna Windows Phone Kian Bertambah
Setelah mengakuisisi Nokia, Microsoft langsung tancap gas mengembangkan sistem operasi Windows Phone dan juga smartphone Lumia-nya. Terjadi sejumlah perombakan yang dilakukan Microsoft pada Nokia, seperti membentuk divisi khusus yang menangani pengembangan produk smartphone Nokia. Divisi ini bermama Microsoft Devices. Sedangkan Nokia murni menjadi brand produk ponsel.
http://www.windowappreviews.com/wp-content/uploads/2014/10/flipboard-app-640x320.jpg

Serupa dengan agenda lamanya, Microsoft masih berupaya meningkatkan pasar pengguna OS Windows Phone. Di tengah ketatnya persaingan sistem operasi ponsel, Microsoft melihat pertumbuhan pengguna Windows Phone sebagai hal positif. Dari tahun ke tahun, pengguna Windows Phone terus meningkat, termasuk di Indonesia.

UI dan Kinerja
Beberapa kunci sukses meningkatnya pengguna Windows Phone adalah user interface yang intuitif dan kinerja yang efektif. Untuk menjaga hal ini, Microsoft baru saja meluncurkan update )S Windows Phone 8.1 yang menawarkan sejumlah hal baru. Dari sisi tampilan antarmuka, WP 8.1 lebih lengkap dan mudah digunakan ketimbang versi terdahulu. Salah satunya adalah fitur ction Canter yang memiliki fungsi serupa dengan notification bar di Android. Dengan Action Center, pengguna dapat mengakses menu pengaturan dengan cepat

Dalam urusan kinerja, OS Windows Phone merupakan salah satu yang terbaik. Sistem operasi ini mampu bekerja cepat dan stabil meski didukung hardware yang lebih rendah dari OS lain. Menurut pihak Microsoft Device, dengan prosesor dual core dan RAM 512 MB, ponsel Windows Phone memiliki kinerja yang setara dengan OS lain ber-hardware prosesor quad core dan RAM 1 GB.


Laporan terbaru dari Kantar Worldpanel menunjukkan bahwa sistem operasi mobile besutan Microsoft, Windows Phone terus mengalami peningkatan untuk pangsa pasar di kawasan Eropa. Pada tahun lalu di bulan Agustus, tercatat Windows Phone menguasai pasar Eropa sebesar 8,5 persen. Di tahun ini pada bulan yang sama, Windows Phone berhasil menguasai 9,2 persen atau naik 0,7 persen.

 
Menariknya, sebagian besar keberhasilan Windows Phone datang dengan menurunnya pangsa pasar iOS. Sistem operasi besutan Apple tersebut kehilang cukup besar pengguna di Jerman, Italia, Perancis, dan Inggris. Penurunan pangsa pasar iOS yang cukup signifikan terjadi di Italia, yakni sebesar 3,2 persen. Pada tahun lalu, iOS mengusai pasar Italia sebesar 13,8 persen dan saat ini mereka hanya mampu meraih 10,6 persen.
 
Inggris juga menjadi pasar yang sangat penting bagi pertumbuhan Windows Phone. Tercatat, pada tahun lalu sistem operasi tersebut hanya mampu meraih 9,4 persen dan setahun kemudian naik 0.9 persen atau tumbuh menjadi 10,3 persen. Hal yang sama juga dirasakan oleh Android. Sayangnya, sistem operasi milik Google tersebut kurang populer di Spanyol hingga pangsa pasarnya turun mencapai 3.1 persen.
 

 

Update Software
Sejumlah perbaikan dan fitur baru hadir di OS WP 8.1 yang membuatnya semakin intuitif. Yang menarik, nantinya OS WP 8.1 akan hadir di semua ponsel Windows Phone 8, mulai dari produk entry level hingga high end. Di Nokia, semua ponsel Lumia akan merasakan OS Windows Phone 8.1 ini melalui OTA (Over The Air) update.

Dengan menghadirkan update OS WP 8.1 ke banyak perangkat, Microsoft berharap dapat menarik minat pengguna lebih banyak. Jika di Android dan iOS update OS tak selalu bisa dinikmati oleh semua perangkat, OS Windows Phone memberikan angin segar bagi penggunanya untuk dapat menikmati fitur-fitur sistem operasi terbaru.

Pengembangan Konten
Windows Phone Store menjadi salah satu andalan OS WP untuk menarik minat pengguna. Jumlah aplikasi yang ada di Windows Phone Store hingga kini mencapai 250 ribu aplikasi. Antusiasme pengguna Windows Phone juga terlihat dari jumlah unduhan aplikasi yang mencapai 10 juta unduhan per hari.

Di dalam negeri sendiri, pihak Mucrosoft menggandeng sejumlah developer lokal untuk mengembangkan aplikasi untuk Windows Phone. Hasilnya, hingga kini ada selitar 3000 hingga 4000 konten hasil karya developer Indonesia di Windows Phone Store.

Menariknya lagi, pihak Microsoft Indonesia pada awal tahun telah menjalin kerjasama dengan sejumlah institusi pendidikan di Indonesia dalam pengembangan aplikasi Windows Phone. Dengan kerjasama ini diharapkan muncul pengembang-pengembang baru kreatif dari kalangan anak muda. Salah satu institusi pendidikan yang menjalin kerjasama dengan Microsoft adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Ini baru keren, mengajak pengguna juga aktif mengembangkan konten.

http://eyeonwindowcdn.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2014/10/adduplex_windowsphone_september_2014-640x480.jpg

 

 

 

 

 


 

references by media pangandaran, chip.co.id

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 10 Oktober 14 - 06:06 WIB
Dalam Kategori : JUMLAH PENGGUNA WINDWOS PHONE, PENGGUNA WP, BERAPA JUMLAH PENGGUNA WINDOWS PHONE
Dibaca sebanyak : 1201 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank