Penyebab dan Cara Menghilangkan Kebiasaaan Mendengkur (Mengorok)

Penyebab dan Cara Menghilangkan Kebiasaaan Mendengkur (Mengorok)
Penyebab Mendengkur / Mengorok
 
Usia
Ketika anda mencapai usia sekitar 30 tahun, tenggorokan anda akan mulai menyempit, dan kekuatan otot tenggorokan anda mulai berkurang sehingga mudah sekali menyebabkan mendengkur. Pada usia lanjut, mendengkur sering terjadi karena diakibatkan oleh kelelahan dalam bekerja.
 
Anatomi Tubuh
Pria memiliki saluran udara yang lebih sempit dibandingkan dengan wanita sehingga pria memiliki resiko yang lebih besar untuk mendengkur. Saluran napas yang sempit menyebabkan kesulitan untuk menghirup dan membuang napas, sehingga menyebabkan mendengkur. Selain itu, demam, polip dan alergi juga memperburuk dengkuran karena dapat menghambat jalan napas.
 
Posisi Tidur
Posisi yang umum penyebab dengkur adalah tidur telentang. Hal ini karena mulut akan lebih cenderung untuk membuka dan lidah menghalangi saluran pernapasan. Selain itu, tidur telentang menyebabkan jaringan dan otot pada tenggorokan menjadi rileks dan menutup jalan napas sehingga menyebabkan mendengkur. Salah satu solusinya adalah dengan mencoba tidur miring.
 
Rokok
Perokok memiliki resiko dua kali lebih besar untuk mendengkur jika dibandingkan dengan yang bukan perokok. Jutaan racun di dalam rokok tidak hanya mengganggu kesehatan seseorang, tetapi juga akan membuat seseorang mendengkur saat tidur. Penyebabnya adalah saluran udara yang menyempit akibat peradangan yang terjadi setiap orang menghisap rokok. Peradangan ini terjadi pada jaringan pernapasan, yakni di dalam tenggorokan dan menghasilkan selaput lendir tambahan. Selaput lendir ini dapat menyebabkan pembuluh kecil di dalam paru-paru tersumbat. Hambatan inilah yang membuat udara dari paru-paru lebih sulit untuk keluar saat tidur. Udara yang tersendat untuk keluar itulah yang menyebabkan dengkuran.
 
Alkohol dan Obat-Obatan
Mendengkur akan menjadi lebih buruk karena konsumsi alkohol atau obat tidur. Asupan alkohol ke dalam tubuh dapat membuat otot-otot pada saluran udara menjadi lebih rileks, meskipun terdengar baik untuk saluran udara itu sendiri, namun kenyataannya alkohol membuat saluran udara terlalu rileks. Hasilnya, saluran udara anda pun akan beristirahat sehingga menyebabkan kinerjanya tidak maksimal dan menyebabkan anda mendengkur.
 
Kelebihan Berat Badan
Biasanya orang yang memiliki berat badan berlebih akan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mendengkur dibandingkan dengan orang dengan berat badan ideal. Pada dasarnya tidak ada hubungan pasti antara berat badan dengan mendengkur. Tetapi sebuah studi menemukan bahwa orang yang beratnya turun ke kisaran berat badan ideal mengalami penurunan suara dengkuran. Diperkirakan jaringan lemak dan kurangnya otot memiliki kontribusi untuk mendengkur.
 
Cara Sederhana untuk Mengurangi Dengkuran Jangan terlalu memaksa diri untuk bekerja terlalu keras. Bersihkan saluran napas terutama rongga hidung sebelum pergi tidur. Tidur dengan posisi miring dan letakkan kepala lebih tinggi, ganjal dengan bantal atau tangan anda untuk memperlancar jalan napas. Hentikan kebiasaan merokok. Hentikan konsumsi minuman beralkohol. Kurangi kelebihan berat badan dan jaga selalu kesehatan tubuh. Hindari makanan yang kaya akan lemak sebelum tidur.
 
 
 
 
1
 
Ada beberapa orang yang kurang beruntung seperti Anda yang menderita sakit kepala akibat kurang tidur akibat dengkuran pasangan. Untuk menyiasatinya, ikuti solusi ini.
 
Dia mungkin baik, dia mungkin kaya tapi jika dia memiliki kebiasaan mendengkur tentu merupakan gangguan serius bagi mereka yang tidak bisa tidur dengan suara keras. Imbasnya, Anda pun jadi kurang tidur yang dapat menyebabkan pikiran stres.
 
Mendengkur memang tak hanya mengganggu kenyamanan orang yang ada di sisinya, tapi juga dapat menyebabkan gangguan pada hubungan fisik pasangan. Banyak pasangan mengeluh mereka terserang gangguan “mood” ketika mereka mendengar dengkuran. Kemungkinan pasangan kurang mendapatkan chemistrydikarenakan mereka saling menghindari dengan tidur menyamping satu sama lain. Ini secara bertahap dapat membawa perpisahan antara pasangan yang mengarah ke perceraian. Sebelum ancaman itu terjadi, Boldsky memberikan tipnya yang dapat menghilangkan kebiasaan tersebut.
 
1. Salah satu cara terbaik untuk menangani pasangan mendengkur yaitu dengan menepuknya, mendorong atau menendang dia. Anda bahkan dapat mencoba mengubah posisi tidurnya.
 
2. Alternatif lain juga dapat dilakukan yakni dengan membuat dia makan malam lebih awal dan tidak membolehkannya minum susu di malam  hari. Krim dan kandungan lemak lain dalam susu akan dikonversi menjadi dahak yang menyumbat lubang hidung dan menyebabkan kebisingan yang mengganggu.
 
3. Sampaikan padanya bahwa dengkuran itu adalah kebiasaan yang menjengkelkan dan mintalah untuk mengikuti langkah-langkah pencegahan yang ketat. Sarkasme dan argumen tidak dapat memecahkan masalah. Jangan memermalukan dia karena itu bukanlah tidak suatu pelanggaran besar.
 
4. Sarankan dia untuk menghentikan kebiasaan merokok dan kebiasaan buruk lain yang justru menyebabkan masalah. Dorong dia untuk dapat tidur di punggungnya agar mencegah gangguan suara.
 
Dengan cinta buatlah dia mengerti bahwa kebiasaan itu tidak sehat dan dengkuran telah menyebabkan gangguan hidup Anda juga. Dia pasti akan mengerti dan mengikuti tip yang Anda layangkan padanya sehingga Anda pun terbebas dari gangguan tak mengenakkan tersebut.
 
 
 
 
 
 
reference: okezone, infogue.com
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Minggu, 18 Maret 12 - 13:41 WIB
Dalam Kategori : TIPS HILANGKAN MENGOROK, TIPS TRIK TRICK KESEHATAN, PENYEBAB CARA MENGHILANGKAN KEBIASAAAN MENDENGKUR (MENGOROK)
Dibaca sebanyak : 15762 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
POLLING
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank