Perusahaan Microprocesesor AMD Akan PHK 1.400 Pekerja

Perusahaan Microprocesesor AMD Akan PHK 1.400 Pekerja
San Francisco— Perusahaan pembuat mikroprosesor, Advanced Micro Devices Inc (AMD) akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sekitar 1.400 pekerja akibat melemahnya pasar komputer dan tertundanya produksi sehingga menggerus penjualannya.
 
PHK yang diumumkan Kamis kemarin mencapai 12 persen dari total tenaga kerja perusahaan yang mencapai 12 ribu karyawan. Ini merupakan langkah besar pertama yang dilakukan oleh pemimpin AMD yang baru, Rory Read yang dibajak dari Lenovo Group bulan Agustus lalu. PHK akan berlangsung selama lima bulan kedepan.
 
AMD saat ini sedang berjuang untuk mampu bertahan ditengah turunnya penjualan komputer personal (PC) khususnya di Amerika Serikat dan Eropa karena melambatnya perekonomian serta persaingan yang ketat dari telepon pintar dan tablet. Meskipun ekspor PC terus naik, namun pertumbuhannya terus melambat dibawah perkiraan dari perusahaan riset pasar IDC and Gartner Inc. Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan kekuatan pasar memasuki musim belanja saat liburan nanti.
 
Perusaan mikroprosesor terbesar kedua didunia ini memproduksi chip untuk PC dan belum mampu berbuat banyak dalam pasar telepon pintar dan tablet. Kerja keras harus dilakukan agar AMD mampu melakukan penestrasi pasar komputer yang telah dikuasai oleh pesaing utamanya Intel Corp. Persaingan sudah lama menghilang membuat pangsa pasar AMD tertinggal jauh oleh Intel. Perusaan pembuat prosesor, Intel menguasai 80 persen dipasar PC, sedangkan AMD harus berebut dengan pesaingnya yang lain di 20 persen sisanya.
 
Karena tidak memiliki pasar yang kuat diperangkat bergerak membuat AMD tertingal jauh dari Intel yang memiliki ukuran lebih kecil. Hal ini menjadi salah satu alasan perusahaan mendepak petinggi perusahaan sebelumnya Dirk Meyer pada bulan Januari lalu.
 
Meyer dalam pembelaannya memiliki alasan, dia yang membidani pelaksanaan pemisaan operasional manufaktur. Sementara untuk menangkis Intel, perusahaan telah meluncurkan prosesor tipe terbaru AMD yang dapat memproses grafis dan data secara bersamaan dengan cepat, ini merupakan sebuah prestasi teknis.
 
Munculnya perangkat bergerak menguntungkan perusahaan pembuat chip seperti Qualcomm Inc dan Texas Instrument dimana prosesornya dirancang irit daya listrik.
 
AMD telah berjuang untuk menyelamatkan keuangannya dan telah melakukan pengurangan karyawan dalam beberapa tahun terakhir.Pada tahun 2008 dan 2009 perusahaan telah memecat 3.300 karyawan.
 
Rencana pemecatan karyawan kemarin diperkuat oleh adanya masalah produksi sehingga tertundanya pengiriman chip terbaru AMD yang mempunyai slogan percepatan unit pengolahan.
 
PHK dan perubahan operasional diharapkan dapat menghemat US$ 200 juta pada tahun 2012 nanti. Sedangkan besaran pesangon akan bervariasi dan tergantung dari peraturan yang berlaku. Saham AMD pada perdagangan Kamis kemarin naik 5 sen (1 persen) menjadi US$ 5,78 persen setelah pengumuman PHK.
 
 
 
source; Tempo
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 04 November 11 - 09:52 WIB
Dalam Kategori : AMD, INFO, NEWS, PERUSAHAAN MICROPROCESESOR AMD AKAN PHK 1.400 PEKERJA
Dibaca sebanyak : 1809 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank