Ponsel / Smartphone Jadi Sarang Bakteri Manusia

Ponsel / Smartphone Jadi Sarang Bakteri Manusia

Tahukah Anda jika pengguna ponsel dalam sehari menyentuh perangkat tersebut 150 kali? Satu jurnal PeerJ mempublikasikan hasil penelitian dari pakar biologi Universitas Oregon, AS. Hasilnya, ponsel bisa jadi sarang bakteri manusia.

http://media.philly.com/images/iphone_600.jpg


 

Peneliti mengambil sampel dari 17 smartphone untuk mengkaji habitat bakteri di 17 orang. Data yang didapat, 82% bakteri terdapat di jemari mereka “menular” ke ponsel. Dengan demikian ada perpindahan bakteri selama aktivitas memegang smartphone.

Ada tiga jenis bakteri yang meliputi tiga famili yakni Streptococcus, Staphylococcus dan Corynebacterium. Dr James Meadow satu peneliti mengatakan jika hasil studi mereka mencerahkan. Sebab, ini menunjukkan jika mikroorganisme di benda favorit (ponsel) ternyata menyerupai mikroorganisme di tubuh.

“Proyek ini merupakan konsep untuk memantau apakah mikroorganisme pada benda kita yang paling favorit dan paling sering digenggam menyerupai mikroorganisme tubuh kita,” kata dia.

Ia melanjutkan jika penggunaan benda pribadi sebagai cara non-invasif dalam memantau kesehatan serta kontak dengan lingkungan sekitar. Ini bisa dikatakan jika telepon seluler miliki risiko infeksi lebih tinggi dibanding benda lain.

Kemudian, ponsel bisa pula dipakai untuk mengkaji paparan bakteri tertentu pada manusia. Ini bisa diterapkan terutama pada pekerja medis. Penggunaan ponsel berlebih bisa jadi perilaku yang menyebabkan bakteri menempel pada jari. Jika minimal 150 kali menyentuh ponsel dalam sehari, hal itu bisa saja terjadi.

 

 

 

 

 

 

 

references by sidomi

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 02 Juli 14 - 06:07 WIB
Dalam Kategori : KESEHATAN, BAKTERI, TEKNOLOGI, PONSEL SMARTPHONE JADI SARANG BAKTERI MANUSIA
Dibaca sebanyak : 1204 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank