Sering Menggunakan Komputer?, Makanan Ini Disarankan Agar Sering Dikonsumsi

Sering Menggunakan Komputer?, Makanan Ini Disarankan Agar Sering Dikonsumsi

Di zaman modern ini kita bekerja tak lepas dari perangkat komputer untuk menunjang pekerjaan kita. Dengan adanya komputer bisa membuat pekerjaan kita semakin mudah, namun tanpa kita sadari akan berefek pada kesehatan mata kita. Berbagai makanan dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi yang di butuhkan oleh mata untuk menjaga kesehatan.

1



Lalu, apa saja makanan yang dapat menyehatkan organ mata tersebut...???

Makanan yang banyak mengandung vitamin A

Seperti hati sapi, kambing, ayam, kuning telur, mentega, susu, susu kambing dan sebagainya. Menjaga kenormalan kornea mata, supaya tidak kering dan layu. Meningkatkan penglihatan dalam keadaan gelap.

Makanan yang mengandung karotena

Seperti sawi, bayam, selada, kubis dan sayuran hijau gelap lainnya, selain itu juga sayuran seperti wortel, labu, ubi jalar, mangga, jeruk, pepaya dan buah-buahan. Sebaiknya dikonsumsi matang atau tambahkan sedikit minyak matang saat makan salad, wortel jenis ini dapat berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.

Makanan yang mengandung riboflavin (vitamin B2)

Misalnya : susu, buah berkulit keras segar, daging tanpa lemak, telur, ragi, kacang-kacangan dan sebagainya. Dapat memastikan metabolisme normal pada retina dan kornea mata.

Vitamin C

Berbagai sayuran segar, buah sejenis jeruk, hawthorn, jujube, kiwi, strawberry dan sebagainya.

Bubur campur wolfberry labu

Bahan : Wolfberry (goji berry) 1 genggam, labu 150 gram, 50 gram jawawut, proso millet 50 gram, air 4 mangkuk.

Cara mengolah : Bersihkan goji berry, kupas sebagian kulit keras labu, dipotong kecil. Jawawut dan proso millet dicuci bersih. Masukkan bersama ke dalam panci, rebus sekitar 40 menit dengan api kecil, atau bisa juga dimatangkan dengan pressure cooker.

Komentar gizi : lutein banyak terkandung dalam bahan makanan seperti zeaxanthin dan karoten, memberi rasa manis dan lembut.

Sup campur susu, wortel dan pepaya

Bahan : Setengah batang wortel (tergantung ukuran), pepaya setengah, susu 500 gr, sedikit gula.

Cara mengolah : Bersihkan wortel, papaya, dipotong kecil, dikukus matang, kemudian diblender hingga menjadi pasta (atau hancurkan dengan sendok), dicampur dengan susu, tambahkan sedikit gula dan siap dinikmati.

Ingat, pepaya harus dikukus matang dulu baru dicampur dengan susu, jika tidak enzim pepaya akan membekukkan susu, yang akan menghasilkan peptida pahit.

Komentar gizi : Ada rasa manis alami dan nikmat. Yang harus diperhatikan adalah sebaiknya jangan minum terlalu banyak bagi yang pencernaannya lemah dan mudah diare.

Susu kacang pistachio campur goji berry

Bahan : 1 genggam kacang pistachio, kacang kedelai 25 gr, 1 genggam goji berry.

Cara mengolah : Bersihkan goji berry, kupas kulit kacang pistachio, kacang kedelai direndam terlebih dahulu semalam. Tambahkan 1000 ml air, diblender bersama hingga menjadi susu kacang dan minum.

Komentar gizi : dalam kelompok buah berkulit keras lainnya, kandungan karoten pada kacang pistachio tergolong tinggi, kedelai juga mengandung sejumlah kecil karoten. Goji berry yang kaya zeaxanthin dengan perpaduan mereka, salah satnya lemak, dapat mendorong penyerapan karoten dan zeaxanthin

Telur matang campur bayam

Bahan : Telur rebus matang 2 biji, bayam 300 gr, 1 sendok makan minyak wijen, garam, merica, kaldu ayam secukupnya.

Cara mengolah : Pocai (sayur sejenis bayam) dibersihkan, tambahkan 1 sendok minyak wijen dan masukkan ke dalam air mendidih sekitar 1 menit, potong kecil. Jungkirkan dan buang airnya, kemudian masukkan ke dalam mangkuk. Buang kulit telur matang, cincang, campurkan dengan bayam dan aduk. Tambahkan garam, merica, kaldu ayam secukupnya, aduk rata, siap disajikan.

Komentar gizi : Kuning telur kaya akan vitamin A, lutein dan zeaxanthin, dimakan bersama dengan pocai yang kaya akan lutein dan beta karoten, berkhasiat mencegah gejala Nyctalopia (buta ayam) dan mata lelah. Setelah direbus sebentar, karotenoid ini tidak akan rusak, malah daya serapnya lebih tinggi. 

 

1

 

 

 

 

references by erabaru

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 06 Juni 14 - 06:50 WIB
Dalam Kategori : KOMPUTER, KESEHATAN, MAKANAN, VITAMIN, SERING MENGGUNAKAN KOMPUTER, MAKANAN INI DISARANKAN AGAR SERING DIKONSUMSI
Dibaca sebanyak : 1267 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank