Sistem Keamanan NASA diretas Oleh Hacker Cina

Sistem Keamanan NASA diretas Oleh Hacker Cina
Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyatakan sistem komputer mereka pernah diretas sebanyak 13 kali sepanjang tahun lalu. Peretas mencuri data karyawan dan mendapatkan akses ke proyek khusus yang dapat membahayakan keamanan nasional AS.

Hal ini disampaikan Inspektur Jenderal NASA Paul Martin. Ia juga mengemukakan badan ini hanya menghabiskan US$ 58 juta dari US$ 1,5 miliar dana yang dianggarkan pemerintah.

"Beberapa sistem informasi sensitif NASA telah hilang atau dicuri, yang bisa mengakibatkan kerugian finansial yang signifikan, mempengaruhi keamanan nasional, atau secara signifikan mengganggu keunggulan kompetitif teknologi bangsa kita," kata Martin.

Dia mengatakan, pada bulan November, terjadi upaya peretasan, di mana sang peretas bekerja melalui alamat IP yang berbasis di Cina. Mereka berhasil masuk ke jaringan Jet Propulsion Laboratory NASA.

Dia mengatakan penyusup memperoleh akses sistem lengkap, yang memungkinkan mereka untuk memodifikasi, menyalin, atau menghapus file sensitif, membuat akun pengguna untuk misi kritis sistem JPL, dan mengunggah hacking tools untuk mencuri data. "Mereka juga dapat memodifikasi sistem log untuk menyembunyikan tindakan mereka," katanya.

"Kajian kami mengungkapkan bahwa penyusup telah menyalahgunakan akun-akun pengguna JPL paling istimewa yang memberikan penyusup akses ke sebagian besar jaringan JPL," kata dia.

Dalam serangan lain tahun lalu, penyusup mencuri mandat untuk mengakses sistem NASA terkait lebih dari 150 karyawannya.

Martin mengatakan badan itu telah bergerak terlalu lambat untuk mengenkripsi atau mengacak data pada laptop untuk melindungi informasi dari jatuh ke tangan yang salah. Lapton tidak terenkripsi yang hilang atau dicuri, termasuk yang berisi kode untuk mengontrol Stasiun Luar Angkasa Internasional serta data sensitif pada program Konstelasi dan Orion NASA.
 
 
 
1
 
 
 
 
 
 
 
source: tempo
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Minggu, 04 Maret 12 - 23:09 WIB
Dalam Kategori : HACKER, CINA, NASA, SISTEM KEAMANAN NASA DIRETAS OLEH HACKER CINA
Dibaca sebanyak : 2312 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank