Supermoon dan Hujan Meteor 10 Sampai 13 Agustus 2014

Supermoon dan Hujan Meteor 10 Sampai 13 Agustus 2014
Agustus tampaknya akan menjadi altar pertunjukan kosmik yang mempesona tahun ini. Di bulan tersebut bakal terjadi dua fenomena alam secara bersamaan, yakni supermoon dan hujan meteor.

Melansir International Business Times,  Badan Antariksa Amerika (NASA) mengatakan pertunjukan kosmik ini akan terjadi antara tanggal 10 dan 13 Agustus 2014, dimana langit pada malam tersebut akan menjadi yang paling indah.

"Selama minggu kedua di Agustus, Bulan akan terlihat terbesar dan paling terang, beriringan dengan hujan meteor. Hasilnya akan menjadi indah," ujar keterangan NASA.

Fenomena supermoon terjadi dimana ketika Bulan purnama lebih dekat dengan Bumi dalam orbitnya sehingga menghasilkan tampilan yang lebih cerah dan lebih besar dari biasanya. Peristiwa itu akan tampak di langit malam tanggal 10 Agustus.

Sedangkan untuk hujan meteor merupakan peristiwa tahunan atau yang dikenal dengan Perseid. Fenomena ini akan mengalami puncaknya di bulan Agustus, tepatnya tanggal 9 dan 14. Dalam hujan meteor itu sedikitnya ada 100 meteor muncul setiap jam.

"Pada 10 Agustus 2014 (supermoon) sama seperti Perseid, akan mengalami puncaknya. Bulan akan penuh. Selain itu orbitnya pun terdekat dengan bumi. Di hari itu,  14 persen lebih dekat dan 30 persen lebih terang dari bulan purnama di tahun yang lain," ungkap NASA.

Untuk menyaksikan pertunjukkan alam itu, menurut Bill Cooke dari Meteorid Environment Office NASA, terangnya bulan akan menghapuskan latar belakang hitam beludru yang diperlukan untuk melihat meteor.

"Perseid akan terlihat selama beberapa hari sebelum dan sesudah supermoon. Meteor juga akan tetap terlihat. Perseid seperti bola api seterang Jupiter atau Venus. Tetap akan terlihat meskipun silau," papar Cooke.

Setelah selama enam tahun penelitian meteor, kata Cooke, baru kali ini NASA telah menemukan Perseid yang menjadi bola api dari hujan meteor.
Perseid sendiri berasal dari komet Swift-Tuttle, dimana nama Perseid diambil karena dari konstelasi Perseus.
 
 
Meteor ini bisa dilihat dengan mata telanjang jika langit didaerah kamu cerah dan haru sabar menunggunyu, meteor jenis ini arahnya tidak bisa diprediksi tapi yang pasti langit akan berkilauan cahaya seperi bintang jatuh.
 
Perlu kesabaran untuk melihatnya..
Kalau mimin sendiri udah pernh liat dengan mata telanjang meteor ini..
diatas loteng sekitar jam 2-3 subuh..
Keren..
 
 
http://astrobob.areavoices.com/files/2013/08/Lyle_Perseid-TR_edited-1.jpg
 
 
 
Jika beberapa waktu lalu hanya warga di sekitar khatulistiwa yang bisa melihat fenomena bulan raksasa atau supermoon, kini saudara-saudara kita di belahan bumi bagian utara yang akan gantian menikmatinya.

Ternyata selain bisa melihat Bulan berada di titik terdekat dengan Bumi, para penikmat angkasa di daerah-daerah seperti Amerika Utara dan Rusia mendapatkan bonus lain berupa hujan meteor.

Ya, hujan meteor kali ini adalah hujan meteor tahunan yang biasa disebut 'Perseid'. Baik supermoon dan Perseid dijadwalkan terjadi di saat yang bersamaan. Namun dibalik 'bonus' tersebut tersimpan kekecewaan di benak para ahli astronomi.

Kekecewaan tersebut tak lepas dari efek supermoon yang terlalu kuat. Sehingga saat Perseid terjadi, meteor-meteor kecil yang jatuh dan terbakar di atmosfer Bumi menjadi tersamarkan oleh cahaya supermoon. Padahal saat hujan meteor Perseid terjadi, diperkirakan tak kurang dari 100 meteor akan terlihat menghujani bumi.

Saking jelasnya, untuk melihat hujan meteor pun, orang-orang di belahan bumi utara tidak perlu menggunakan alat bantu seperti teropong atau teleskop. Puncak dari hujan meteor tahun ini akan terjadi mulai dari tanggal 10 hingga 13 Agustus.

Terlihat atau tidaknya hujan meteor Perseid kali ini tergantung dari seberapa dekat jarak antara Bulan dan Bumi. Dalam 4 hingga 6 kali fenomena supermoon yang terjadi dalam satu tahun, Bulan rata-rata akan lebih dekat dengan Bumi hingga 48 ribu kilometer.
 
Semoga saja Indonesia menjadi daerah yg kebagian melihat lagi meteor ini dengan hanya bermodalkan mata telanjang..
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
references by viva. merdeka
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Sabtu, 09 Agustus 14 - 06:37 WIB
Dalam Kategori : METEOR, HUJAN METEOR, PERSEIDS METEOR, SUPERMOON DAN HUJAN METEOR
Dibaca sebanyak : 2373 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank