Tim Robotika Indonesia Raih Juara di Robot Internasional 19th Annual Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest 2012

Tim Robotika Indonesia Raih Juara di Robot Internasional 19th Annual Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest 2012

Tim robotika Indonesia kembali berjaya di ajang Kompetisi Robot Internasional 19th Annual Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest 2012 di Kampus Trinity College Hartford Connecticut Amerika Serikat. Dalam kontes robot yang berlangsung 30 Maret-1 April 2012 ini, tim Indonesia yang berasal dari Universitas Komputer Indonesia, Institut Teknologi Telkom, dan Institut Teknologi Bandung berhasil memboyong delapan gelar.

Tim robotik Unikom berhasil meraih tiga gelar yakni:

  • juara pertama Robowaiter Entry Level (tim DU99RWS4-V12),
  • juara pertama Robowaiter Advanced Division (tim DU99RWE4-V12) dan
  • juara kedua Robowaiter Advanced Division (tim DU99RWE-V12).
 

Sementara tim IT Telkom berhasil menyabet tiga gelar yakni juara pertama untuk Fire Fighting Robot Senior Division (robot beroda) oleh tim Hamazar, juara pertama Fire Fighting Robot Walking Division (robot berkaki) oleh tim Arjuna, dan peringkat kedua di kategori Fire Fighting Robot Senior Division melalui tim Garuda 1. Terakhir tim robot ITB yang berhasil meraih dua gelar yakni peringkat dua (tim Yaqut) dan tiga (tim Aqabah) untuk kategori Fire Fighting Robot Walking Division (robot cerdas pemadam api divisi berkaki).

Ketua tim robot Indonesia Kusprasapta Mutijarsa mengatakan, tim Indonesia berjumlah 20 orang yang terdiri dari mahasiswa dan pendamping dari tiga perguruan tinggi yang ikut serta. Dari jumlah tersebut tidak seluruhnya dibiayai oleh Dikti, melainkan ada beberapa yang pergi atas biaya mandiri. Tim robot cerdas beroda IT Telkom dan tim robot cerdas berkaki ITB dibiayai oleh Dikti sebagai bentuk penghargaan karena menjadi juara dalam Kontes Robot Cerdas Indonesia 2011. Di luar tim yang dibiayai Dikti, terdapat empat tim lainnya yang bertanding atas biaya mandiri. "Yakni tim robot cerdas beroda ITB dengan dua robot beroda, tim robot cerdas berkaki IT Telkom dengan satu robot berkaki, tim robowaiter IT Telkom dengan satu robot, dan tim robot cerdas robowaiter Unikom yang membawa tiga robowaiter," ujarnya dalam surat elektronik yang dikirimkan, Senin (2/4).

Kusprasapta mengatakan, Trinity College Fire Fighting Home Robot Contes merupakan kompetisi tahunan robot cerdas yang sudah berlangsung selama 19 tahun dan menjadi acuan kompetisi robot pemadam api di dunia. Tahun ini, kompetisi internasional ini diikuti oleh 130 tim yang bertanding pada berbagai kategori.

"Yakni kategori junior division, high school division, senior division, expert division, walking division, robowaiter entry level, dan robowaiter advanced. Selain Amerika Serikat, beberapa negara lain juga ikut berpartisipasi yakni Indonesia, Portugal, Israel, dan China," ujarnya.

Dihubungi secara terpisah, Rektor Unikom Eddy Soeryanto Soegoto mengatakan, prestasi ini merupakan yang ke-4 kalinya berhasil diraih oleh tim robotik Unikom sejak keikutsertaannya di ajang ini di tahun 2009. Untuk yang sekarang, kata Eddy, Unikom berhasil mempertahankan gelar, karena tahun lalu di ajang yang sama 2011, tim robot Unikom juga meraih juara untuk kategori robowaiter ini.

"Sejak dua tahun terakhir kami memang fokus di robowaiter, dan tahun ini kami mengirimkan tiga tim. Mereka terdiri dari tiga mahasiswa dan satu dosen pembimbing. Tentunya prestasi ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami dan Indonesia umumnya di mata internasional. Apalagi di tengah berbagai permasalahan bangsa saat ini. Sebab kami di sini membawa nama bangsa, dan dengan prestasi ini membuktikan bahwa Indonesia tidak hanya dikenal dengan hal negatif saja," ungkapnya.

Sementara itu, Manajer Kemahasiswaan IT Telkom Lilik Leksono mengatakan, prestasi ini sangat luar biasa bagi tim IT Telkom. Sebab tim robot IT Telkom baru pertama kali ikut serta dalam kontes robot internasional. "Pertama kali dan langsung dapat gelar, tentu ini surprise dan sangat membanggakan" katanya.

Dalam kontes ini, kata Lilik, tim IT Telkom terdiri dari enam mahasiswa dan tiga pembimbing. Sementara robot yang dibawa berjumlah lima robot yakni Hamazar (robot cerdas pemadam api divisi beroda) , Garuda 1 (robot cerdas pemadam api divisi beroda), Garuda 2 (robot cerdas pemadam api divisi beroda), Arjuna (robot cerdas pemadam api divisi berkaki), dan robot terakhir 1-N3M (Robowaiter). "Alhamdulillah tiga gelar berhasil diraih. Sebab persiapan yang kami lakukan juga cukup lama, satu tahun terakhir kami melakukan persiapan untuk kontes ini," ucapnya.

Berikut anggota tim robot Indonesia yang berpartisipasi pada kompetisi internasional ini adalah,

  • Dr. Kusprasapta Mutijarsa (ketua tim robot Indonesia),
  • Dra. Farichah, MM.,(pendamping dari Dit. Litabmas Dikti),
  • Ir. Indrawanto, PhD (juri nasional KRCI),
  • Candra Herdianto (tim robot beroda IT Telkom, dibiayai Dikti)
  • Andrean Permana Ardhi (tim robot beroda IT Telkom, dibiayai Dikti)
  • Dian Wahyu Widayanto (tim robot beroda IT Telkom, dibiayai Dikti)
  • Agung Nugroho Jati, ST (pembimbing tim IT Telkom, dibiayai Dikti)
  • Samratul Fuady (tim robot berkaki ITB, dibiayai Dikti)
  • Niam Rizka Arifuddin (tim robot berkaki ITB, dibiayai Dikti)
  • Imanuddin Yahya (tim robot berkaki ITB, dibiayai Dikti)
  • Dr. Widyawardana Adiprawita (pembimbing tim ITB, dibiayai Dikti)
  • Dhimas Arveliansyah Ridrasta (tim robot berkaki IT Telkom, biaya mandiri)
  • Istikmal, ST. MT (pembimbing tim IT Telkom, biaya mandiri)
  • Muhammad Ary
  • Murti, ST. MT (pembimbing tim IT Telkom, biaya mandiri)
  • Yudha Prawira Pane (tim robot beroda ITB, biaya mandiri)
  • Ghozali Suharyadi Pane (tim robot beroda ITB, biaya mandiri)
  • Sendy Tiaprayoga (tim robot Robowaiter Unikom, biaya mandiri)
  • Didit Andri Jatmiko (tim robot Robowaiter Unikom, biaya mandiri)
  • Anton Ade Purnama (tim robot Robowaiter Unikom, biaya mandiri) dan
  • Rudi Hartono (pembimbing tim Unikom, biaya mandiri)

 

 

KENAPA KAMPUS SAYA BIAYANYA MANDIRI YA ??

PEMERINTAH ?

 

 

1

photo by inilah.com

 

 

source: pikiran rakyat

 

 

 

 

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 03 April 12 - 07:15 WIB
Dalam Kategori : ROBOT UNIKOM, ROBOT ITB, ROBOT IT TELKOM, ROBOT INDONESIA UNIKOM ITB TELKOM JUARA, JUARA ROBOT 2012, TIM ROBOTIKA INDONESIA DARI UNIVERSITAS RAIH JUARA
Dibaca sebanyak : 1798 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
POLLING
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank