Tips Bagi Orang Yang Susah Tidur (Insomnia)

Tips Bagi Orang Yang Susah Tidur (Insomnia)

Jika ruangan yang gelap dan berbagai teknik rileksasi tak jua membantu mata Anda untuk terpejam, mulailah untuk mendinginkan kepala.

1

 

Dr.Daniel Buysse, psikiatris dari University of Pittsburgh School of Medicine menyebutkan orang yang menderita insomnia pada umumnya memiliki aktivitas berlebih di bagian otak lobus frontalis. Lobus ini adalah bagian yang mengatur aktivitas seperti berbicara, pemikiran abstrak, serta gerakan yang dikendalikan oleh kemauan.

Orang yang menderita insomnia mengatakan mereka sulit tidur karena otak mereka terus bekerja dan proses tersebut sulit untuk dihentikan. Buysse menduga aktivitas berlebih pada otak itu akan meningkatkan temperatur otak sehingga mengganggu proses tidur.

Seperti diketahui sistem sirkadian tubuh yang mengatur waktu tidur dan terjaga, membuat suhu tubuh hangat di siang hari dan terus menurun suhunya di malam hari sehingga membantu datangnya kantuk. Para ahli menemukan bahwa penderita insomnia memiliki suhu otak yang terlalu panas untuk tidur.

Padahal, melatonin, hormon yang membantu kita tertidur dan banyak dipakai untuk mengobati insomnia, baru dikeluarkan tubuh saat temperatur tubuh rendah.

Dalam penelitiannya, Buysse mencoba memberi penutup kepala yang berisi air bersikurkulasi dingin kepada 12 penderita insomnia. Hasilnya, mereka lebih cepat tertidur seperti halnya orang yang tidak menderita insomnia. Ketika memakai penutup kepala tersebut para penderita insomnia butuh 13 menit untuk tertidur dibanding dengan orang yang normal yang butuh 16 menit. Selain itu para penderita insomnia itu juga menghabiskan 89 persen waktunya di ranjang untuk tertidur.

Hasil penelitian Buysse tersebut dipresentasikan dalam pertemuan tahunan Associated Professional Sleep Societies (APSS).

Para ahli mengatakan metode penggunaan tutup kepala ini bisa menjadi alternatif untuk para penderita insomnia terutama untuk mereka yang tidak nyaman dengan obat-obatan atau yang tidak berhasil dengan strategi yang selama ini sudah dilakukan. Di rumah, Anda mungkin bisa melakukannya dengan mengompres kepala dengan air es.

 

source: kompas.com

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 05 Juli 11 - 01:21 WIB
Dalam Kategori : TIPS AGAR CEPAT TIDUR, TIPS UNTUIK PARA INSOMNIA
Dibaca sebanyak : 4635 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank