Tips & Cara Agar Bisa Tidur Nyenyak

Tips & Cara Agar Bisa Tidur Nyenyak
Rutinitas yang padat dan stres karena pekerjaan sering kali membuat orang menderita gangguan tidur. Banyak yang kemudian kurang tidur atau susah tidur sama sekali. Tak pelak, badan pun terasa letih dan selalu merasa kurang segar.


 
 
1



Seperti diet dan olahraga yang memang perlu untuk menjaga kesehatan, tidur juga diperlukan untuk memastikan tubuh kita bisa beristirahat dan bugar kembali. Jadi bagaimana bisa tidur dengan nyenyak?

1. Tidurlah pada waktu yang telah ditentukan
Penting untuk bisa tidur pada jam yang telah ditentukan. Ini tidak berarti kita tidur pada jam sama tiap hari, tapi tidur pada periode waktu itu. Pastikan bahwa Anda mematuhinya dengan benar. 

2. Jangan tidur tepat setelah makan malam
pergilah tidur setidaknya dua jam setelah makan malam. Ada peluang Anda akan tetap terjaga kalau perut Anda kenyang sebelum tidur. 

3. Cuci muka dan kaki
bukan hanya anak kecil saja yang harus cuci tangan dan kaki sebelum tidur, membasuh tubuh Anda pun juga baik dilakukan sebelum tidur karena ini membuat rileks. Jika sempat, Anda bisa mandi tapi jika tidak, cuci muka dan kaki pun sudah cukup. 

4. Bangun pada jam yang sama
sama seperti ketika Anda tidur pada jam yang sama, Anda juga harus bangun pada jam yang sama tiap hari. Jika Anda tidur nyenyak, maka Anda tidak butuh alarm untuk membangunkan Anda pada jam yang sama tiap hari. Usahakan mempertahankan ini pada akhir pekan. 

5. Olahraga di malam hari
meskipun ada saran untuk memulai hari Anda dengan berolahrahga, maka tak ada salahnya juga berolahraga di malam hari. Dengan cara ini, Anda bisa menyingkirkan stres pada siang hari dan membakar kalori. Berolahraga akan membuat Anda lelah dan juga memastikan Anda bisa tidur nyenyak. 

6. Jangan membawa buku ke ranjang
Banyak orang yang memiliki kebiasaan membaca sebelum tidur. Tapi, kebiasaan ini bisa membuat Anda terjaga lebih lama dari yang diinginkan. Selesaikan membaca di kursi atau sofa dan jangan membawa buku ke ranjang. 

7. Matikan lampu
tidur dengan kondisi tanpa cahaya membantu kita tidur dengan lebih baik. Jika Anda memang tak bisa tidur tanpa lampu menyala, maka hentikan kebiasaan ini. Anda bisa menyalakan lampu di ruang lain ketika Anda tidur.

8. Jauhkan suara bising
hindari memutar musik di ranjang ketika Anda tidur. Selain mengganggu tidur, mendengarkan musik ketika di atas ranjang juga merupakan praktik yang tidak sehat. 

9. Rapikan ranjang
barang-barang di atas ranjang juga bertanggung jawab terhadap kualitas tidur. Yakinkan kalau kasur Anda nyaman dan semua yang dibutuhkan ada, seperti bantal, sprei dan selimut. Benda lainnya harus disingkirkan. 

10. Hindari kafein
ikuti diet yang sehat dan pastikan Anda tidak mengonsumsi kafein yang cenderung mengacaukan siklus tidur Anda.
 
11. Makan
Pastikan perut sudah terisi sebelum makan, agar tidak terbangun ditengah malam karean perut yang keroncongan.
 
1
 
 
 
 
 
 
 
 
 
references by sindonews
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 29 Oktober 14 - 06:21 WIB
Dalam Kategori : TIPS TIDUR, CARA TIDUR NYENYAK, AGAR TIDUR NYENYAK
Dibaca sebanyak : 2382 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank