TIPS: Cara Sederhana Agar Hidup Bahagia

TIPS: Cara Sederhana Agar Hidup Bahagia

KEBAHAGIAAN tidak SELALU datang dari orang lain.

Meraih kebahagiaan juga tidak sulit jika Anda mau bersungguh-sungguh. Berikut 10 cara sederhana untuk memperoleh kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Menerima kenyataan

Salah satu cara agar lebih bahagia ialah menerima segala sesuatu yang tidak dapat Anda kendalikan. Anda hanya bisa mengontrol diri sendiri, namun tidak bisa mengendalikan orang lain dan situasi yang di luar kendali. Berkali-kali mengucap “Seandainya…” dan berharap kondisi akan berubah secara instan hanya akan membuat Anda bersedih dan kecewa.

2. Lebih realistis

Hidup tidak seperti pertaruhan lotre. Kesulitan tidak akan hilang secara instan. Jika Anda ingin hidup lebih baik, berusahalah dan selalu berpikir dengan kepala dingin sebelum mengambil keputusan.

3. Kebahagiaan tidak diukur secara materi

Banyak orang yang mengejar materi demi kepuasan pribadi. Sayangnya, materi tidak dapat menentukan kebahagiaan. Cobalah kurangi sifat obsesif dalam mengejar materi dan carilah arti kebahagiaan dalam diri sendiri.

4. Yakinlah, Anda bahagia

Kekuatan pikiran telah menjadi obat yang ampuh bagi berbagai penyakit, begitu pula dalam meraih kebahagiaan. Berikan sugesti pada diri sendiri bahwa Anda bahagia, maka Anda akan benar-benar bahagia.

5. Tentukan target

Tetapkan target untuk segala hal yang Anda lakukan, baik untuk hal-hal besar maupun kecil. Berikan tenggat waktu bagi diri sendiri, agar target Anda tidak berlarut-larut hingga akhirnya tidak terpenuhi.

6. Cari motivator dan penyemangat

Agar lebih bahagia, juga mudah meraih target yang Anda inginkan, tentukan apa dan siapa yang akan memotivasi Anda. Adanya motivasi yang kuat akan terus mendorong semangat Anda dalam melakukan semua hal.

7. Berada di tengah orang-orang yang menyenangkan

Lingkungan sekitar –juga kondisi pergaulan- dapat berpengaruh terhadap mood dan semangat Anda. Keluarga dan teman-teman yang selalu ceria akan meminimalisir mood negatif yang dapat menurunkan semangat Anda dalam menjalani hari-hari.

8. Lupakan masa lalu

Tinggalkan kegagalan di masa lalu dan jalani target Anda di masa depan. Fokus pada apa yang Anda lakukan di saat ini dan melupakan masa lalu dapat menambah sisi positif dalam diri Anda. Lagipula buat apa lagi menyesali kegagalan yang sudah berlalu?

9. Syukuri hal-hal kecil

Kebahagiaan juga terdapat dalam hal-hal sederhana, seperti sejuknya angin di pagi hari, pelukan dari pasangan, sampai siaran radio yang menemani Anda mengarungi kemacetan sepulang kerja. Bahagia itu sederhana dan Anda bisa mendapatkannya dimana saja.

10. Cintai diri sendiri

Sebelum Anda mulai mencintai orang lain, cobalah untuk mencintai diri sendiri. Cintai apa yang ada dalam diri Anda tanpa perlu resah akan segala kekurangannya.

 

Hilangkanlah Rasa IRI HATI Terhadap Orang Lain

 

 

Menurut ahli di bidang psikologi, sifat iri hati yang mendalam bisa membuat Anda mengalami depresi, dendam, marah, stress, rendah diri, dan frustasi. Hasilnya, Anda tak bisa bahagia dengan apa yang Anda miliki dan selalu mengharap apa yang jadi milik orang lain.

Cara untuk menghilangkan sifat iri hati yang negatif dan merugikan diri sendiri itu diantaranya adalah dengan;

  • Sadar bahwa Anda tak sendiri. Jika Anda iri dengan keadaan orang lain, misalnya kondisi kekayaannya, maka sadarilah bahwa Anda bukan satu-satunya orang yang tak memiliki apa yang ‘dia’ miliki. Masih banyak orang lain yang keadaannya lebih menyedihkan dari pada Anda.
  • Terima kenyataan. Kenyataan memang tak selalu sejalan dengan keinginan. Tapi belajar untuk menerima dan bersahabat dengan kenyataan bisa membuat langkah Anda lebih ringan dalam menapaki jalan hidup, tanpa iri yang menggelayut.
  • Rubah ‘mind set’. Pola pikir yang negatif memang harus diubah. Caranya, perluas pergaulan, pengetahuan, dan kebiasaan. Dengan begitu rasa iri dapat sejenak dilupakan dan selanjutnya dihilangkan.
  • Syukuri yang ada. Dengan memiliki rasa syukur, maka segalanya akan berubah menjadi nikmat. Rasa iri biasanya muncul karena merasa kurang. Kurang kaya, kurang kuasa, kurang bahagia, dll. Namun jika diganti dengan kesyukuran, maka segala yang terasa kurang akan menjadi cukup.
  • Positif thinking. Jika Anda berusaha melihat segala sumber rasa iri itu dari sisi positif, maka yang tadinya nampak negatif akan menjadi berubah positif. Segala sesuatu memang tergantung dari cara pandang Anda sendiri. 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

 

dari Berbagai Sumber

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Minggu, 18 Maret 12 - 14:20 WIB
Dalam Kategori : TIPS BAHAGIA, MOTIVASI, INSPIRASI, TIPS: CARA SEDERHANA AGAR HIDUP BAHAGIA, CARA BAHAGIA
Dibaca sebanyak : 3497 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
POLLING
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank