Twitter Kemarin Down, Inilah Penjelasan Lengkapnya

Twitter Kemarin Down, Inilah Penjelasan Lengkapnya
Situs micro-blogging populer Twitter sempat mengalami kelumpuhan atau tak dapat diakses pada Kamis (21/6/2012) sekitar pukul 09.00 waktu setempat (PT). Sebuah kelompok hacker atau peretas bernama UGNazi mengklaim bertanggung jawab atas kelumpuhan selama sekitar 40 menit tersebut.

Seperti dilansir oleh Cnet dari cbsatlanta.com, peretas bernama Hannah Sweet alias "Cosmo" atau @CosmoTheGod di Twitter dari kelompok tersebut mengaku menyerang Twitter dengan metode "distributed denial of service".

Akibatnya, selama durasi serangan tersebut, Twitter tidak muncul di hasil pencarian Google ataupun Bing. Internet dibuat tidak mengenali eksistensi situs tersebut.
 
 
 
 
Sweet mengatakan bahwa kelompoknya menyerang Twitter karena situs itu mendukung regulasi Cyber Intelligence Sharing and Protection Act (CISPA) yang mengizinkan pemerintah federal dan pihak swasta untuk membagi-bagikan informasi tentang kemungkinan ancaman cyber.

Lebih lanjut, Sweet mengatakan bahwa kelompoknya sudah "dibuntuti oleh FBI belakangan ini". Sweet juga menyebutkan bahwa nama-nama asli para anggota kelompok tersebut telah dipublikasikan di situs milik UGNazi. "Kami tak takut pada hukum," kata Sweet.

Pihak Twitter sendiri lewat akun @TwitterComms menyangkal klaim kelompok peretas tersebut. Menurut Twitter, lumpuhnya situs itu disebabkan oleh "error beruntun" (cascading bug) yang menghasilkan efek domino di dalam komponen infrastruktur sistem Twitter.
 
 
 
 
Penjelasan Dari Pihak Twitter  atas 'serangan bug' 
 
Situs jejaring sosial mikro blog, Twitter, sempat mengalami penurunan kerja situs secara global pada Kamis (21/6).

"Sekitar pukul 09.00 waktu Pasifik PDT (Kamis, 21.00 WIB), kami menemukan Twitter tidak dapat diakses oleh semua pengguna situs melalui desktop dan pengguna ponsel tidak dapat menerima tweet baru," sebut Wakil Presiden Teknik Twitter, Mazen Rawashdeh, dalam blog resmi Twitter.

Rawashdeh melanjutkan pihak Twitter mulai lakukan investigasi terhadap penurunan kerja situs dan menemukan rentetan 'bug' (cascading bug) di salah satu komponen infrastruktur mereka.

"Penurunan kerja itu terjadi bukan karena peretas (hack), kantor baru kami, Euro 2012, atau avatar format GIF sebagaimana diperikirakan sejumlah pihak," tulis Rawadesh.

'Cascading bug', menurut Rawadesh, adalah sebuah 'web bug'--alat peninjau halaman situs yang dikunjungi pengguna internet--yang mempunyai dampak tidak terbatas pada elemen perangkat lunak (software) tertentu, tapi berdampak 'berantai' ke elemen lain.

"Setelah menemukan persoalan itu, kami segera mengambil tindakan perbaikan termasuk mengembalikan ke versi Twitter sebelumnya yang lebih stabil," tulis Rawadesh.

Twitter telah melakukan pemulihan situs sekitar pukul 10.10 PDT, tapi situs itu sempat turun kembali pada 10.40 PDT dan dapat dipulihkan penuh pada 11.08 PDT.

"Kami masih melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan bahawa persoalan ini dapat dihindari pada masa mendatang," tulis Rawadesh. 
 
 
 
 
 
1
 
 
 
1
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
references by kompas, antara
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 22 Juni 12 - 20:58 WIB
Dalam Kategori : TWITTER, HACKER ATTACK, TWITTER KEMARIN DOWN, INILAH PENJELASAN LENGKAPNYA
Dibaca sebanyak : 1255 Kali
Rating : 2 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank