Uni Eropa Tuduh Google Lakukan "Pengaturan" Peringkat Dalam Search Engine

Uni Eropa Tuduh Google Lakukan "Pengaturan" Peringkat Dalam Search Engine
Google memang sudah bebas dari tuduhan melakukan praktek manipulasi di Amerika Serikat. Ini setelah Komisi Perdagangan AS mengatakan Google tak terbukti melakukan praktek jual-beli untuk menentukan peringkat pencarian di mesin pencari Google.

Tapi sepertinya Google belum bisa sepenuhnya bernafas lega. Sebab Uni Eropa masih melancarkan tuduhan pelanggaran terhadap mesin pencari Google. 

Kepala Kompetisi di Uni Eropa, Joaquin Almunia, mengaku masih percaya diri bahwa regulator Eropa akan memaksa Google untuk mengubah hasil pencarian. Jika tidak, maka Google terancam denda dengan tuduhan "mengalihkan trafik" dari produk milik kompetitor.

"Kami masih melakukan investigasi. Tapi anggapan saya adalah (Google) mengalihkan trafik," ujar Almunia kepada Financial Times, yang dikutip Liputan6.com Jumat (11/1/2013).

Pihak regulator Eropa telah melakukan investigasi selama dua tahun untuk mencari tahu apakah Google memanfaatkan dominasinya di bidang mesin pencari, untuk mengendalikan trafik ke produk mereka. Misalnya saja, hasil pencarian akan dialihkan ke Google Maps dan Google Flight Search.

"Mereka melakukan monetisasi (mendapatkan uang) dengan bisnis seperti ini, dengan posisi kuat mereka di pasar pencarian secara umum. Ini bukan sekedar posisi yang dominan. Yang saya khawatirkan ada penyalahgunaan dari dominasi posisi yang mereka miliki," ucap Almunia. 

Sebelumnya, Komisi Perdagangan Amerika Serikat (FTC) memutuskan bahwa mesin pencari Google tidak melakukan manipulasi terhadap hasil pencarian. Dengan demikian, tuduhan praktek curang di bisnis mesin pencari pun berhasil dipatahkan Google.

Tuduhan ini berasal pesaing Google. Misalnya seperti yang dilancarkan Microsoft, yang mengatakan bahwa Google telah mengubah hasil pencarian dan menerapkan 'praktek jual beli' peringkat pencarian. 
 
 
 
1
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
references by liputan6
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Sabtu, 12 Januari 13 - 12:43 WIB
Dalam Kategori : GOOGLE, INFO TEKNOLOGI, SEARCH ENGINE, MESIN PENCARI, UNI EROPA TUDUH GOOGLE LAKUKAN PENGATURAN PERINGKAT DALAM MESIN PENCARI
Dibaca sebanyak : 1252 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank