Virus Komputer Ini Bisa Curi Uang Anda di Bank

Virus Komputer Ini Bisa Curi Uang Anda di Bank

Pemerintah Inggris memperingatkan para pengguna komputer bahwa mereka hanya memiliki tenggat waktu dua pekan untuk melindungi dari dua virus kuat yang berbahaya, Selasa (3/6). Pengumuman tersebut dikeluarkan setelah operasi siber multinasional yang dipimpin Amerika Serikat menghentikan dua virus berbahaya tersebut Gameover Zeus dan Cryptolocker.1

 

Seperti diungkapkan Agensi Keamanan Nasional Inggris (NCA), saat ini ada lebih dari 15.500 komputer yang sudah terinfeksi dua virus itu di Inggris dan banyak lagi yang rawan terhadap serangan keduanya.

"Kedua virus tersebut bisa merugikan pengguna komputer hingga jutaan poundsterling," demikian peringatan dari NCA.

Agensi meminta publik dan bisnis kecil untuk berkonsultasi mengenai keamanan menjelajah di internet melalui situs www.getsafeonline.org.

"Tak ada seorangpun yang menginginkan kondisi keuangan mereka, informasi bisnis ataupun foto orang-orang tercinta dicuri atau disandera oleh penjahat," kata Wakil Direktur NCA Andy Archibald.

Sayangnya pengguna komputer harus segera bertindak karena pihak berwenang hanya memiliki waktu yang singkat untuk mengendalikan komputer yang sudah terinfeksi.

Pengguna disarankan menginstal anti virus dan melakukan pembaruan basis data virus. Selain itu disarankan juga untuk melakukan update sistem operasi terbaru.

GameOver Zeus dan Cryptolocker mampu mencuri data, foto dan file pribadi. Bahkan dalam kondisi terburuk rekening bank Anda bisa dikosongkan oleh virus ini.

Dua virus ini juga mampu mengunci komputer pengguna hingga sejumlah tebusan melalui Bitcoin dibayarkan.

Menurut penyidik FBI, virus ini menginfeksi 500.000 hingga satu juta komputer di 12 negara. Komputer yang sudah terinfeksi ini menciptakan jaringan bots dimana hacker mampu menginfiltrasi, mengintai bahkan mengontrol apa yang mereka inginkan.1
 

"Gameover Zeus adalah botnet paling canggih yang pernah dicoba ditangkal FBI serta biro keamanan lainnya," kata Asisten Direktur Eksekutif FBI Anderson.

Menurut FBI, Gameover Zeus bertanggung jawab atas pencurian lebih dari US$ 100 juta yang dilakukan dengan mencuri data bank pengguna kemudian mengosongkan dana pada akun korban dan mengalihkan dana tersebut kepada mereka.

Sementara itu Cryptolocker menyerang korban dengan cara yang berbeda. Virus yang muncul pada September 2013 mengunci komputer korban dan mengeksripsi data didalamnya. Pengguna harus mengeluarkan tebusan - seringkali lebih dari US$ 700 untuk mendapatkan kata sandi membuka komputer mereka sendiri.

Pihak penyidik menyatakan penjahat siber berhasil mengumpulkan lebih dari US$ 30 juta hanya dalam dua bulan pertama saja.

Peretas asal Rusia Evgeniy Mikhailovich Bogachev (30) diyakini menjadi dalang dari jaringan virus jahat ini. Bogachev sudah dituntut di Pittsburgh, Pennsylvania, dengan 14 dakwaan termasuk didalamnya konspirasi, peretasan komputer, pemerasan bank, pencucian uang dalam skema Gameover Zeus dan Cryptoblocker.

Bogachev, yang juga dipanggil sebagai Slavik atau Pollingsoon juga didakwa di Omaha, Nebraska dengan tuduhan konspirasi pemerasan bank dalam kaitannya dengan Gameover Zeus.

Penyidik AS bekerjasama dengan rekannya di Australia, Belanda, Jerman, Prancis, Italia, Jepang, Luxembourg, Selandia Baru, Kanada, Ukraina, Inggris untuk menangani kejahatan yang dilakukan kawanan Bogachev.

Penyidik juga dibantu perusahaan teknologi seperti Dell, Microsoft, Afilias, Deloitte serta Symantec untuk menanggulangi kejahatan siber tersebut.

 

 

 

 

 

 

references by berita satu

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 04 Juni 14 - 06:43 WIB
Dalam Kategori : HACKER, INFO, VIRUS, KOMPUTER, VIRUS BANK, VIRUS PENCURI REKENING BANK
Dibaca sebanyak : 1787 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback

My Social-Net Accounts, You can Follow.. mungkin suatu hari nanti kita berjodoh (‾⌣‾)♉
ADS & Sponsor
Posting Terbaru Lainnya
Last Visitors
TRANSLATOR
Pengenalan
Kategori
Alexa Rank